Kabar Latuharhary

Komnas HAM dan Polri Bahas Program Pemajuan HAM Bagi Personil Kepolisian

Latuharhary – Komnas HAM dan Polri merancang kegiatan tindak lanjut kerja sama di bidang pemajuan dan penegakan HAM.


Pertemuan untuk membicarakan tindak lanjut kerja sama di bidang pemajuan HAM ini dihadiri Komisioner Komnas HAM Prabianto Mukti Wibowo didampingi Kepala Biro Dukungan Pemajuan HAM Esrom Hamonangan P dan Kepala Divisi Hukum Polri Irjen Pol. Viktor T. Sihombing beserta jajaran di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (16/3/2023).


Kerja sama dalam Nota Kesepahaman Komnas HAM dan Polri Nomor 03/MoU-KH/IV/2021 tanggal 20 April 2021 menjadi langkah konkret untuk mengejawantahkan kerja sama melalui pertemuan dengan Divisi Hukum Polri.


Prabianto menyampaikan program pemajuan HAM yang dilakukan bersama berupa penyuluhan, diskusi, penyusunan buku saku, pembekalan pemahaman HAM dan lain-lain. Ia berharap gagasan program kerja sama Komnas HAM dan Polri ke depannya dapat dirasakan juga oleh masyarakat luas.


Kadivkum Polri Irjen Pol. Viktor T. Sihombing menyampaikan tengah menggiatkan penanganan HAM di kepolisian. Ia berharap anggota Polri melaksanakan tupoksi sesuai prinsip-prinsip HAM.   Ia juga mengapresiasi Komnas HAM yang aktif melakukan penyuluhan pembekalan wawasan HAM kepada jajaran Polri mulai dari tingkat pusat hingga kewilayahan.


Salah satu wujud kerja sama yang selama ini dilakukan dalam penyusunan Buku Saku HAM yang merupakan alat kelengkapan personil kepolisian dalam pelaksanaan tugas. Pada pertemuan ini, Komnas HAM maupun Divkum Polri sepakat mereviu untuk memperbarui Buku Saku HAM, baik dari sisi penyajian, substansi dan metode diseminasinya. (AAP/IW)
Short link