Kabar Latuharhary

GKI Pengadilan Pos Jemaat Bogor Barat Diresmikan, Komnas HAM: Bukti Kehadiran Negara


Bogor - Toleransi antarumat beragama menjadi bagian dari pemajuan dan penghormatan terhadap hak asasi manusia yang harus didukung oleh Negara serta segenap warga negara Indonesia.

 "Peresmian gereja pada hari ini merupakan bukti kehadiran Negara untuk memastikan bahwa hak asasi manusia dihormati dan dilindungi di negeri ini," ungkap Ketua Komnas HAM RI Atnike Nova Sigiro saat menghadiri peresmian GKI Pengadilan di Bogor Barat, bertempat di Kelurahan Cilendek, Bogor Barat, Minggu (9/4/2023).

Sebagai pemegang mandat untuk melaksanakan pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemantauan, dan mediasi hak asasi manusia, Komnas HAM berharap ini menjadi teladan atas praktik baik toleransi antarumat beragama. Lantaran pembangunan gereja yang dahulu dikenal sebagai GKI Yasmin ini sempat terkendala perizinan selama 15 tahun terakhir. 

 Atnike juga berharap pengalaman semacam ini akan menjadi pembelajaran kedepan. "Komnas HAM sebagaimana yang lalu dan akan datang akan selalu hadir mengingatkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, apabila ada aspirasi atau keluhan masyarakat terkait pelindungan hak asasi manusia," ungkap Atnike.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD yang ikut meresmikan gereja mengapresiasi seluruh pihak yang telah berjuang dan bekerja keras sehingga bisa merampungkan dan menyelesaikan pembangunan GKI Pengadilan Pos Jemaat Bogor Barat. 

"Peresmian gereja ini bentuk nyata dari Negara dalam hadir dan menjamin hak konstitusional warga negara, khususnya bagi warga negara yang beragama Kristen. Semua agama mengajarkan tentang keberagaman tidak ada satu agamapun yang mengajarkan tentang diskriminasi dan permusuhan, yang diajarkan adalah penghormatan, dan penghargaan terhadap sesama tanpa melihat perbedaan agama, suku, ras, ataupun golongan," ungkap Mahfud.

Seremonial peresmian ini dihadiri  pula Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wali Kota Bogor Bima Arya, Sinode GKI Pdt. Suhud Setyo Wardono, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim, Ketua MUI Kota Bogor, para bupati, camat, Forkopimda, MUI serta para jemaat GKI Pengadilan di Bogor Barat usai melakukan ibadah Hari Raya Paskah.

"GKI ini wujud impian bersama. gereja ini sumber hikmah, hikmah bahwa keberagaman dan toleransi tidak bisa tumbuh hanya dengan retorika dan narasi semata. toleransi hanya bisa diwujudkan dengan kebesaran hati," ujar Bima Arya.

Turut hadir dalam acara ini, Sekretaris Jenderal Komnas HAM RI Henry Silka Innah dan Pemantau Aktivitas HAM Unggul Pribadi. (AAP/IW)
Short link