Rekam Media

Komnas HAM Selidiki Banyaknya Petugas Pemilu yang Meninggal

JAKARTA, KOMPAS.com - KomisiNasional Hak Asasi Manusia ( Komnas HAM) akan menyelidiki banyaknya petugaspemilu 2019 yang meninggal dunia. Komnas HAM akan melakukan penyelidikan ini ditiga daerah yang jumlah petugas meninggalnya paling banyak.

 "Kita akan laksanakan di Jawa Barat, JawaTengah dan Banten, paling banyak di tiga daerah itu," kata Wakil Ketua KomnasHAM Hariansyah dalam jumpa pers di Kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Rabu(8/5/2019).

Hairansyah mengatakan,penyelidikan ini merupakan bagian dari tanggung jawab Komnas HAM dalampemantauan pemilu. Menurut dia, tim Komnas HAM akan terjun ke lapangan untukmencari tahu penyebab para petugas tersebut meninggal dunia.

"Sampai 500 lebih yang meninggaldunia, ini sebuah jumlah yang besar. Oleh karena itu kita akan selidikipenyebabnya," kata dia.

Selain itu, menurut dia timKomnas HAM juga akan memastikan bahwa para korban yang jatuh sakit mendapatpelayanan kesehatan yang layak.

Sejauh ini, baru Dinas KesehatanDKI Jakarta yang sudah menyelesaikan dan menyampaikan laporan lengkapnya.

Nila mengatakan, berdasarkanlaporan itu, ada 2641 orang anggota KPPS yang sakit dan 18 yang meninggal duniadi Ibu Kota. Penyebab mereka meninggal beragam.

"Dari 18 orang ini diketahuimereka penyebab kematiannya pertama 8 orang sakit jantung yang mendadak,kemudian gagal jantung, liver, stroke, gagal pernafasan dan infeksi otak,"kata Nila.

Data terbaru, jumlah petugaspenyelenggara pemilu yang meninggal dunia mencapai 456 orang. Sementara, 3.658lainnya dilaporkan sakit. Angka ini mengacu pada data Komisi Pemilihan Umum(KPU) per Selasa (7/5/2019).

Petugas penyelenggara itumerupakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS),dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Angka itu belum termasukanggota Bawaslu dan Kepolisian.

 

Artikel ini telah tayang diKompas.com dengan judul "Komnas HAM Selidiki Banyaknya Petugas Pemilu yangMeninggal",https://nasional.kompas.com/read/2019/05/09/07572341/komnas-ham-selidiki-banyaknya-petugas-pemilu-yang-meninggal.

Penulis : Ihsanuddin

Editor : Diamanty Meiliana