Profil

Profil PPID Komnas HAM

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah pejabat yang bertugas dan bertanggung jawab melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi.

Sejalan dengan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, setiap Badan Publik termasuk Komnas HAM, wajib menyediakan layanan informasi publik kepada masyarakat. Berdasarkan Peraturan Komnas HAM No 001C/PerKomnas HAM/II/2014 telah dibentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Struktur Tim PPID Komnas HAM tercantum dalam Surat Keputusan Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Nomor 007/Komnas HAM/IV/2018 tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia.

Dalam Melaksanakan Tugas dan tanggung jawabnya, PPID Komnas HAM dibantu oleh Staf Pendukung PPID yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Jenderal Komnas HAM No 149/Kep.0.0.3/V/2020 tentang Penunjukan Staf Pendudukung PPID dilingkungan Komnas HAM.