Kabar Latuharhary

Sambut 10 Tahun Festival HAM, Komnas HAM Sepakati Kerja Sama Penyelenggaraan 

Latuharhary-Sebagai bentuk komitmen dalam promosi dan penyebarluasan wawasan penegakan dan pemajuan HAM pada tingkat daerah hingga nasional, Komnas HAM bersama Kantor Staf Presiden (KSP), International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) serta Pemerintah Kota Bitung, Sulawesi Utara akan melaksanakan Festival HAM 2024. Festival HAM kali ini menandai 10 tahun penyelenggaraannya.

Festival HAM akan berlangsung pada 29–31 Juli 2024 di Kota Bitung, Sulawesi Utara dengan mengusung tema “Memajukan Demokrasi, Pemenuhan HAM, dan Penguatan Partisipasi Masyarakat melalui Tanggung Jawab Negara dari Daerah hingga Nasional”. Secara resmi, Festival HAM awalnya menjadi inisiasi INFID dan Komnas HAM pada 2014.  

Sebelum pelaksanaan Festival HAM 2024, Komnas HAM bersama INFID, KSP, serta Pemerintah Kota Bitung melaksanakan penandatanganan Kesepakatan Bersama yang bertujuan untuk mempertegas komitmen dan peran masing-masing pihak yang sebelumnya sudah didiskusikan.



Adapun ruang lingkup dari Nota Kesepahaman, meliputi: (1) pembentukan panitia bersama; (2) perumusan kerangka acuan kegiatan; (3) keterlibatan bermakna seluruh komponen masyarakat dan penyelenggara dalam keseluruhan proses kegiatan; (4) pencairan dan penggalangan dana; (5) promosi dan sosialisasi kegiatan; serta (6) evaluasi dan tindak lanjut kegiatan.

“Dengan penandatanganan MoU ini, kami menyampaikan komitmen kami untuk terus melindungi, mempromosikan, dan menghormati hak asasi manusia dalam segala aspek kehidupan. Mari bersama-sama kita jadikan Festival HAM ini sebagai wahana untuk menginspirasi perubahan positif menuju masyarakat yang lebih inklusif,” ujar Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro ketika menyampaikan sambutannya dalam penandatanganan  Naskah Kerja Sama tentang Penyelenggaraan Festival HAM 2024, Senin (25/3/2024). 



Atnike juga menyebutkan bahwa Festival HAM 2024 menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hak asasi manusia dan memperkuat upaya perlindungan serta meningkatkan solidaritas dalam memperjuangkan hak-hak asasi manusia. Melalui beragam kegiatan yang dihadirkan diharapkan dapat membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya keadilan, kesetaraan, dan penghormatan terhadap martabat manusia.

Adapun penandatanganan ini dilaksanakan oleh Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro dan Direktur Eksekutif INFID Iwan Misthohizzaman. Sedangka  Plt. Deputi V Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan dan HAM Kantor Staf Presiden Prof. Rumadi Ahmad, serta Sekda Kota Bitung Ignatius Rudy Theno memberikan paraf mewakili pihak Kepala Staf Kepresidenan dan Wali Kota Bitung.

Hadir pula dalam kegiatan ini Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Putu Elvina, Komisioner Pengkajian dan Penelitian Saurlin P. Siagian, Komisioner Pengaduan Hari Kurniawan, Sekretaris Jenderal Henry Silka Innah, serta jajaran unit kerja Komnas HAM RI terkait lainnya. (SP/IW)

Short link