Kantor Perwakilan

Kepala Komnas HAM Perwakilan Aceh hadiri Pembukaan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Tahun 2022

Banda Aceh - Pada Jumat, 9 Desember 2022, Kepala Komnas HAM Perwakilan Aceh, Sepriady Utama menghadiri Pembukaan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Tahun 2022, yang merupakan kerjasama antara Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) dan Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala. Turut diundang dalam pembukaan tersebut antara lain Ketua DPC PERADI Banda Aceh, Dekan Fakultas Hukum universitas Syiah Kuala, Pangdam IM, Kapolda Aceh, Kejati Aceh, Ketua Mahkamah Syar’iah Aceh, Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Banda Aceh, dan Ketua Pengadilan Negeri Banda Aceh, yang dihadiri langsung oleh para tamu undangan maupun yang mewakili, serta para peserta pendidikan.

PKPA FH Unsyiah Tahun 2022 ini diselenggarakan mulai pada tanggal 9 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023 dan diikuti oleh 65 peserta. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Pelaksana, Khairani, S.H., M.Hum yang juga merupakan Dosen Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, dalam sambutannya. Khairani juga menyampaikan bahwa PKPA ini akan menghadirkan 19 Narasumber/Pemateri dan 30 sesi Materi. Kepala Komnas HAM Perwakilan Aceh, Sepriady Utama, seperti tahun-tahun sebelumnya juga turut diminta menjadi salah satu Narasumber/pengajar yang akan mengisi materi Hukum Acara Pengadilan HAM pada PKPA tersebut, yang dijadwalkan pada tanggal 24 Januari 2023.


Selanjutnya, Ketua DPC PERADI Banda Aceh, Zulfikar Sawang, S.H. dalam sambutannya menyampaikan bahwa PERADI adalah organisasi Advokat yang diberikan mandat untuk melaksanakan fungsi negara, sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 1 ayat (4)Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003, yang menyebutkan bahwa “Organisasi Advokat adalah organisasi profesi yang didirikan berdasarkan Undang-Undang ini”.


Di akhir acara, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, Dr. Ilyas, S.H., M.Hum., membuka secara resmi  Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Tahun 2022 yang dilanjutkan foto bersama dengan para tamu undangan dan para peserta pendidikan. (SML/SM).