Laporan Hasil Survei Kepuasaan Layanan Penerimaan Pengaduan Periode Januari-Juni Tahun 2022

  • Penulis: Komnas HAM
  • Penerbit: Komnas HAM
  • Tahun Terbit: 2022

Bidang Pelayanan Pengaduan telah menyelenggarakan pengelolaan opini publik untuk tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan atas 8 (delapan) unsur pelayanan pengaduan Komnas Ham yaitu persyaratan dan prosedur, perilaku pemberi layanan, waktu, biaya, kompetensi pemberi layanan, produk dan spesifikasi jenis layanan, penanganan pengaduan, saran dan masukan serta sarana dan prasarana dalam kegiatan Survei Kepuasan Layanan Penerimaan Pengaduan Komnas HAM RI periode Januari -Juni Tahun 2022. 

Survei diikuti oleh 8 (delapan) orang responden, secara spesifik uraian datanya adalah responden berjenis kelamin laki-laki sebanyak 6 orang, responden perempuan sebanyak 2 orang. Responden memiliki tingkat pendidikan SMA sebanyak 3 orang, D4 s/d S1 sebanyak 3 orang dan S1 s/d S2 sebanyak 2 orang dengan rentang umur 18 s/d 25 tahun sebanyak 1 orang, 41 s/d 57 tahun sebanyak 4 orang dan lebih dari 58 tahun sebanyak 3 orang. Jenis pekerjaan responden beragam, yang masih menempuh pendidikan sebanyak 1 orang, sebagai dosen/peneliti sebanyak 1 orang, wiraswasta sebanyak 1 orang dan memiliki pekerjaan lainnya sebanyak 5 orang. Responden kesemuanya berasal dari Indonesia dengan cakupan wilayah DKI Jakarta sebanyak 4 orang, Jawa Barat 2 orang, Jawa Timur dan Banten masing-masing berjumlah 1 orang.

Berdasarkan hasil penghitungan Survei Kepuasan Layanan Pengaduan, hasil nilai indeks kepuasan atas tingkat kepentingan pelayanan sebesar 97.875 (kategori sangat baik) dan untuk nilai indeks kepuasan atas tingkat kepuasan pelayanan sebesar 96.625 (kategori sangat baik).