Laporan Hasil Survei Kepuasan Layanan penerimaan Pengaduan Periode Semester II Tahun 2022

  • Penulis: Komnas HAM
  • Penerbit: Komnas HAM
  • Tahun Terbit: 2023

Bidang Pelayanan Pengaduan telah menyelenggarakan pengelolaan opini publik untuk mengukur tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan atas 8 (delapan) unsur pelayanan pengaduan Komnas Ham yaitu persyaratan dan prosedur, perilaku pemberi layanan, waktu, biaya, kompetensi pemberi layanan, produk dan spesifikasi jenis layanan, penanganan pengaduan, saran dan masukan serta sarana dan prasarana dalam kegiatan Survei Kepuasan Layanan Penerimaan Pengaduan Komnas HAM RI periode Juli - Desember Tahun 2022.

Survei diikuti oleh 11 (sebelas) orang responden, secara spesifik uraian datanya adalah responden berjenis kelamin laki-laki berjumlah 9 orang, responden perempuan berjumlah 2 orang. Responden memiliki tingkat pendidikan SMA berjumlah 2 orang, D1 s/d D3 berjumlah 2 orang, D4 s/d S1 berjumlah 6 orang dan S1 s/d S2 sebanyak 1 orang dengan rentang umur 18 s/d 25 tahun sebanyak 1 orang, 26 s/d 40 tahun berjumlah 4 orang, 41 s/d 57 tahun berjumlah 4 orang dan lebih dari 58 tahun berjumlah 2 orang. Jenis pekerjaan responden beragam, yang masih menempuh pendidikan berjumlah 1 orang, sebagai dosen/peneliti berjumlah 1 orang, PNS/ TNI/POLRI berjumlah 1 orang, swasta sebanyak 1 orang, wiraswasta berjumlah 1 orang, tidak bekerja /rumah tangga berjumlah 2 orang dan memiliki pekerjaan lainnya berjumlah 4 orang. Responden yang berasal dari Indonesia berjumlah 10 orang, dan yang berasal dari negara lain berjumlah 1 orang. Responden yang berasal dari Indonesia dengan cakupan wilayah DKI Jakarta berjumlah 2 orang, Sumatera Utara berjumlah 2 orang, lalu Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Banten, Nusa Tenggara Barat dan Papua masing-masing berjumlah 1 orang.

Berdasarkan hasil penghitungan Survei Kepuasan Layanan Pengaduan, hasil nilai indeks kepuasan atas tingkat kepentingan pelayanan sebesar 96.375 (kategori sangat baik) dan untuk nilai indeks kepuasan atas tingkat kepuasan pelayanan sebesar 95 (kategori sangat baik).