Laporan Hasil Survei Kepuasan Layanan Penerimaan Pengaduan Periode Semester I Tahun 2023

  • Penulis: Komnas HAM
  • Penerbit: Komnas HAM
  • Tahun Terbit: 2023

Bidang Pelayanan Pengaduan telah menyelenggarakan pengelolaan opini publik untuk mengukur tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan atas 8 (delapan) unsur pelayanan pengaduan Komnas HAM yaitu persyaratan dan prosedur, perilaku pemberi layanan, waktu, biaya, kompetensi pemberi layanan, produk dan spesifikasi jenis layanan, penanganan pengaduan, saran dan masukan serta sarana dan prasarana dalam kegiatan Survei Kepuasan Layanan Penerimaan Pengaduan Komnas HAM periode Januari - Juni Tahun 2023.

Survei diikuti oleh 14 (empat belas) orang responden, secara spesifik uraian datanya adalah responden berjenis kelamin laki-laki berjumlah 10 orang, responden perempuan berjumlah 4 orang. Responden memiliki tingkat pendidikan SMA berjumlah 5 orang, D1 s/d D3 berjumlah 1 orang, D4 s/d S1 berjumlah 7 orang dan S1 s/d S2 sebanyak 1 orang dengan rentang umur 18 s/d 25 tahun sebanyak 1 orang, 26 s/d 40 tahun berjumlah 3 orang, 41 s/d 57 tahun berjumlah 8 orang dan lebih dari 58 tahun berjumlah 2 orang. Jenis pekerjaan responden beragam, yang masih menempuh pendidikan berjumlah 1 orang, sebagai dosen/peneliti berjumlah 1 orang, swasta sebanyak 1 orang, wiraswasta berjumlah 6 orang, tidak bekerja /rumah tangga berjumlah 1 orang dan memiliki pekerjaan lainnya berjumlah 4 orang. Seluruh responden berasal dari Indonesia dengan cakupan wilayah DKI Jakarta berjumlah 4 orang, Jawa Barat berjumlah 3 orang, Sulawesi Selatan berjumlah 2 orang, lalu Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Papua masing-masing berjumlah 1 orang.

Berdasarkan hasil penghitungan Survei Kepuasan Layanan Pengaduan, hasil nilai indeks kepuasan atas tingkat kepentingan pelayanan sebesar 95.25 (kategori sangat baik) dan untuk nilai indeks kepuasan atas tingkat kepuasan pelayanan sebesar 94.875 (kategori sangat baik).