Laporan Hasil Survei Kepuasan Layanan Penerimaan Pengaduan Periode Semester I Tahun 2023
- Penulis: Komnas HAM
- Penerbit: Komnas HAM
- Tahun Terbit: 2023
Bidang Pelayanan Pengaduan telah
menyelenggarakan pengelolaan opini publik untuk mengukur tingkat kepuasan dan
tingkat kepentingan atas 8 (delapan) unsur pelayanan pengaduan Komnas HAM yaitu
persyaratan dan prosedur, perilaku pemberi layanan, waktu, biaya, kompetensi
pemberi layanan, produk dan spesifikasi jenis layanan, penanganan pengaduan, saran
dan masukan serta sarana dan prasarana dalam kegiatan Survei Kepuasan Layanan
Penerimaan Pengaduan Komnas HAM periode Januari - Juni Tahun 2023.
Survei diikuti oleh 14 (empat
belas) orang responden, secara spesifik uraian datanya adalah responden berjenis
kelamin laki-laki berjumlah 10 orang, responden perempuan berjumlah 4 orang.
Responden memiliki tingkat pendidikan SMA berjumlah 5 orang, D1 s/d D3
berjumlah 1 orang, D4 s/d S1 berjumlah 7 orang dan S1 s/d S2 sebanyak 1 orang
dengan rentang umur 18 s/d 25 tahun sebanyak 1 orang, 26 s/d 40 tahun berjumlah
3 orang, 41 s/d 57 tahun berjumlah 8 orang dan lebih dari 58 tahun berjumlah 2
orang. Jenis pekerjaan responden beragam, yang masih menempuh pendidikan
berjumlah 1 orang, sebagai dosen/peneliti berjumlah 1 orang, swasta sebanyak 1
orang, wiraswasta berjumlah 6 orang, tidak bekerja /rumah tangga berjumlah 1
orang dan memiliki pekerjaan lainnya berjumlah 4 orang. Seluruh responden
berasal dari Indonesia dengan cakupan wilayah DKI Jakarta berjumlah 4 orang, Jawa
Barat berjumlah 3 orang, Sulawesi Selatan berjumlah 2 orang, lalu Sumatera
Utara, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Papua masing-masing
berjumlah 1 orang.
Berdasarkan hasil penghitungan
Survei Kepuasan Layanan Pengaduan, hasil nilai indeks kepuasan atas tingkat
kepentingan pelayanan sebesar 95.25 (kategori sangat baik) dan untuk nilai
indeks kepuasan atas tingkat kepuasan pelayanan sebesar 94.875 (kategori sangat
baik).