Laporan Hasil Survei Kepuasan Layanan Penerimaan Pengaduan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Periode Semester II Tahun 2023

  • Penulis: Komnas HAM
  • Penerbit: Komnas HAM
  • Tahun Terbit: 2024

Biro Dukungan Penegakan HAM telah menyelenggarakan survei kepuasan layanan penerimaan pengaduan Komnas HAM periode Juli – Desember tahun 2023. Survei dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan atas 8 (delapan) unsur pelayanan yaitu persyaratan dan prosedur, perilaku pemberi layanan, waktu, biaya, kompetensi pemberi layanan, produk dan spesifikasi jenis layanan, penanganan pengaduan, saran dan masukan, serta sarana dan prasarana. Survei dilakukan di kantor Komnas HAM Jakarta dan 6 kantor sekretariat Komnas HAM di provinsi.

Sepanjang semester kedua tahun 2023, survei diikuti oleh 25 (dua puluh lima) responden. Secara spesifik jumlah responden berjenis kelamin laki-laki sebanyak 16 orang, responden perempuan sebanyak 9 orang. Responden memiliki tingkat pendidikan SD berjumlah 1 orang, SMA berjumlah 11 orang, D1 s/d D3 berjumlah 2 orang, D4 s/d S1 berjumlah 9 orang, dan S1 s/d S2 sebanyak 2 orang dengan rentang umur 18 s/d 25 tahun sebanyak 2 orang, 26 s/d 40 tahun berjumlah 8 orang, 41 s/d 57 tahun berjumlah 10 orang dan lebih dari 58 tahun berjumlah 5 orang. Jenis pekerjaan responden beragam, yang masih menempuh pendidikan berjumlah 2 orang, sebagai dosen/peneliti berjumlah 1 orang, swasta sebanyak 7 orang, wiraswasta berjumlah 5 orang, tidak bekerja /rumah tangga berjumlah 3 orang dan memiliki pekerjaan lainnya berjumlah 7 orang. Responden semuanya berasal dari negara Indonesia. Responden yang berasal dari cakupan wilayah Papua berjumlah 8 orang, cakupan wilayah Jawa Barat berjumlah 4 orang, cakupan wilayah Aceh, Sulawesi Tengah dan Maluku masing-masing berjumlah 2 orang, lalu Sumatera Barat, Banten, Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan masing-masing berjumlah 1 orang.

Berdasarkan hasil penghitungan Survei Kepuasan Layanan Pengaduan semester II tahun 2023, hasil nilai indeks kepuasan atas tingkat kepentingan pelayanan sebesar 96.625 (kategori sangat baik) dan untuk nilai indeks kepuasan atas tingkat kepuasan pelayanan sebesar 96.25 (kategori sangat baik). Hasil survei pada semester ini meningkat bila dibandingkan dengan semester I tahun 2023 yaitu hasil hasil nilai indeks kepuasan atas tingkat kepentingan pelayanan sebesar 95.25 (kategori sangat baik) dan untuk nilai indeks kepuasan atas tingkat kepuasan pelayanan sebesar 94.875 (kategori sangat baik).