Tel. +62-21-3925230
Fax. +62-21-3925227

Pemantauan dan Penyelidikan

Perlindungan Ekosistem Laut dan Hak Nelayan

  • 19 Juli 2017

Harus ada keseimbangan antara kelestarian alam dan pemenuhan hak ekonomi nelayan.

Selengkapnya

Perwakilan Warga Rembang Temui Komnas HAM

  • 18 April 2017

Komnas HAM meminta adanya regulasi yang jelas tentang kawasan karst agar tidak menimbulkan masalah atas pemenuhan hak atas air.

Selengkapnya

Komnas HAM Sampaikan Rekomendasi ke PT. Freeport

  • 21 Maret 2017

Komnas HAM menyampaikan rekomendasi pemulihan hak-hak masyarakat adat Suku Amungme di Papua.

Selengkapnya

Temuan Komnas HAM dalam Pemantauan Pilkada Sulbar

  • 20 Februari 2017

Apa saja temuan Komnas HAM RI dalam pemantauan Pilkada Provinsi Sulawesi Barat?

Selengkapnya

Pemantauan Pilkada 2017 di Provinsi Papua Barat

  • 17 Februari 2017

Komnas HAM melakukan pemantauan proses pelaksanaan Pilkada 2017 di Provinsi Papua Barat.

Selengkapnya

Pemantauan Dugaan Pelanggaran Hak Hidup di Wilayah Polres Cianjur

  • 4 Januari 2017

Komnas HAM sebagai hasil pemantauan di Cianjur pada 12-13 Oktober 2016 menyampaikan rekomendasi kepada Kapolda Jawa Barat dan Kapolres Cianjur untuk memastikan agar jajarannya dalam setiap upaya penangkapan setiap Tersangka senantiasa menjunjung tinggi HAM.

Selengkapnya

Pemantauan Pemilu 2009

  • 1 Desember 2016

Pada tanggal 9 April 2009, Komnas HAM telah melakukan pemantauan di sejumlah daerah, pemantauan tersebut dilakukan untuk melihat pelaksanaan pemungutan suara di wilayah-wilayah dimana rentan terhadap pelanggaran, wilayah-wilayah tersebut antara lain wilayah perbatasan, wilayah konflik, rumah tahanan, rumah sakit dan rumah sakit jiwa, serta melihat langsung ke TPS apakah menyediakan kertas suara bagi penyandang catat disediakan.

Selengkapnya

Pemantauan atas dugaan pelanggaran HAM dalam pembangunan BIJB

  • 23 Nopember 2016

Komnas HAM mengadakan pemantauan atas dugaan pelanggaran HAM menyusul bentrok antara warga masyarakat Desa Sukamulya dengan ribuan aparat keamanan pada 27 Oktober 2016. Bentrokan terjadi karena warga menolak kegiatan pengukuran calon lokasi Bandara Internasional Jawa Barat yang dilakukan oleh aparat pemerintah.

Selengkapnya

Dugaan Pelanggaran HAM dalam Kematian Anak di Lubang Tambang

  • 21 Nopember 2016

Dampak dari perijinan adalah tumpang tindih antar kawasan yang berakibat pada izin operasi pertambang andi kawasan padat pemukiman di Kaltim mengakibatkan lubang–lubang eks tambang yang tidak dilakukan reklamasi dan mengakibatkan korban jiwa akibat tenggelam di lubang tersebut. Dalam 5 (lima) tahun terakhir, korban yang meninggal berjumlah 24 orang (22 diantaranya anak-anak). Dalam kasus itu, dunia bisnis/korporasi yang berkewajiban untuk menghormati HAM terutama di wilayah mereka beroperasi sebagaimana diatur dalam Pilar 2 Prinsip-Prinsip Panduan Tentang Bisnis dan HAM yang sudah disetujui oleh Pemerintah RI Tahun 2011. Ketidaktaatan Korporasi yang tidak menghormati hak-hak masyarakat lokal dalam menjalankan usahanya menunjukan bahwa Korporasi tidak mentaati Hukum Internasional dan dapat memberikan kewenangan pemerintah untuk memaksa Korporasi untuk memenuhi hak-hak warga negara yang terlanggar.

Selengkapnya

Kasus Kerusuhan Tolikara Pada Hari Raya Idul Fitri Tanggal 17 Juli 2015

  • 4 September 2015

Komnas HAM telah menerima pengaduan langsung maupun informasi dari media massa terkait dengan kerusuhan yang terjadi di Karubaga, Kab. Tolikara, Papua pada saat perayaan Hari Raya Idul Fitri tanggal 17 Juli 2015

Selengkapnya