Indonesian   English
Mandat

Para Siswa SMP At Taufik, Belajar HAM Sejak Dini

Ratusan siswa dan siswi kelas 1 SMP At Taufik Bogor mengunjungi Komnas HAM pada Selasa, 16 Oktober 2018, untuk mengenal lebih dekat tugas dan fungsi Komnas HAM.

Dalam kesempatan itu, mereka diterima dan diberikan informasi terkait dengan kelembagaan Komnas HAM dan pengertian dasar HAM. Dengan sangat antusias, mereka mendengarkan dan bertanya kepada tim penyuluh Komnas HAM terkait dengan berbagai hal.

Rombongan itu diterima dalam dua sesi, yaitu pagi dan siang. Para penyuluh Komnas HAM yang memberikan materi pada sesi pagi adalah Abiyoga, Banu Abdillah, Hari Reswanto, dan Rusman Widodo. Sedangkan di sesi siang, diterima oleh Eka Tanlain, Alfan Cahasta dan Sri Rahayu.

Tenaga pendidik yang mendampingi para siswa berharap bahwa dengan melakukan kunjungan ke Komnas HAM, anak-anak akan lebih memahami dan mengerti peran penting Komnas HAM dan mengenal HAM sebagai hak yang melekat pada diri setiap insan manusia sejak dari kandungan hingga akhir hayat.

Dalam sesi materi, selain melihat video singkat tentang Komnas HAM dan perannya secara nasional, regional, dan internasional, mereka juga menyaksikan video singkat tentang apa itu HAM dan kewajiban negara untuk menghormati, melindungi, dan memenuhi. Lebih jauh, mereka juga diajak berdiskusi supaya lebih aktif untuk bertanya dan diajak bermain games supaya lebih mengenal HAM.

Sebelumnya dalam pembukaan, Mimin Dwi Hartono dari Bagian Dukungan Penyuluhan Komnas HAM menyampaikan apresiasinya atas kunjungan dari para siswa dan siswi ke Komnas HAM. Ia berharap bahwa kerjasama ini akan terus berlanjut dan berkembang untuk menyerbarluaskan wasasan HAM sejak dini kepada anak-anak. (MDH)



Short link