INDIKATOR DAN DATA HAK ASASI MANUSIA SERTA PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN : PENDEKATAN PRAKTIS AGAR TIDAK ADA SATU ORANG PUN YANG DITINGGALKAN

  • Penulis: Birgitte Feiring & Saionara K├Ânig-Reis
  • Penerbit: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Komnas HAM RI)
  • Tahun Terbit: 2022
Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) adalah komitmen global yang menunjukkan secara jelas dan tegas bahwa pembangunan tidak dapat dilaksanakan secara baik tanpa adanya pemenuhan hak asasi manusia. 

Pembentukan Komnas HAM berdasarkan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia ditujukan untuk mengembangkan situasi yang kondusif bagi pelaksanaan HAM berdasarkan Pancasila, UUD RI 1945, Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan Deklarasi Universal HAM, serta meningkatkan perlindungan dan penegakan HAM bagi setiap warga negara supaya mampu berpartisipasi dalam berbagai bidang kehidupan, sehingga TPB menjadi instrumen yang sangat strategis untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut. 

Komnas HAM RI bekerjasama dengan Danish Institute for Human Rights (DIHR) dalam kerangka Kelompok Kerja TPB dari Global Alliance of National Human Rights Institutions (GANHRI) untuk mengembangkan beragam kegiatan terkait promosi dan penguatan peran Lembaga-lembaga Nasional HAM di Asia Pasifik, termasuk di Indonesia. Proses penerjemahan buku ini merupakan bagian dari kerjasama tersebut untuk menunjukkan keterkaitan langsung antara HAM dan TPB, sehingga membantu para pemangku kebijakan dalam meningkatkan standar dan mekanisme hak asasi manusia guna memperkuat realisasi dan peninjauan TPB sambil memastikan bahwa tidak ada satu orang pun yang ditinggalkan. 

Semoga buku ini mampu dimanfaatkan oleh pemangku kebijakan dalam bentuk yang lebih kongkrit melalui berbagai aktivitas untuk mendorong pencapaian TPB dan HAM. Hal ini karena pencapaian TPB adalah bentuk dari langkah maju atas kewajiban negara dalam merealisasikan secara progresif hak asasi manusia bagi semua. 

Jakarta, 06 Juli 2022 
Komnas HAM RI 
Komisioner Pengkajian dan Penelitian