Mediasi

Kesepakatan Penyelesaian Sengketa Lahan di Bencongan

Komisioner Mediasi Komnas HAM yang memiliki orientasi mendamaikan dan pada tahap pramediasi Komnas HAM telah mendorong terciptanya kondisi kondusif di antara Para Pihak, dalam mediasi tersebut Para Pihak berhasil mencapai Kesepakatan Perdamaian. Akta tersebut kemudian ditandatangan oleh ketiga pihak yang berselisih dan Lurah Kelurahan Bencongan sebagai saksi.

Memperkuat Kinerja Mediasi HAM

Sengketa yang berdimensi pelanggaran hak asasi manusia banyak diadukan masyarakat terutama terkait pelanggaran hak kesejahteraan karena konflik agraria.

Kesepakatan Mediasi di Aceh Jaya

Melalui kewenangan mediasi, Komnas HAM mendorong adanya penyelesaian sengketa yang berdimensi hak asasi manusia melalui jalur damai (non ligitasi).

Percepatan Pembentukan Jabatan Mediator HAM

Komnas HAM perlu didukung oleh sumber daya manusia yang profesional yang memiliki keterampilan dan keahlian khusus di bidang mediasi HAM.

Rencana Aksi Konsultasi Nasional Tesso Nilo

Konsultasi Nasional Krisis Tenurial Tesso Nilo yang diselenggarakan di Jakarta pada 10 s.d. 11 Agustus 2011 menyepakati rencana aksi yaitu bahwa penyelesaian polemik yang terjadi di kawasan tersebut harus melalui sejumlah langkah darurat yang diawali dengan upaya pra kondisi dan ditindaklanjuti melalui rencana aksi yang melibatkan banyak pihak baik di pusat dan di daerah.