Kabar Latuharary

Bappeda Jakarta Mendukung Sekolah Ramah HAM

Komnas HAM, utamanya Subkomisi Pendidikan dan Penyuluhan yang saat ini sedang merancang Sekolah Ramah HAM (SRH) terus menjalin kerjasama dengan lembaga manapun. Kerjasama terus digalakkan dalam rangka menyuarakan misi bahwa implementasi nilai-nilai HAM untuk kehidupan sehari-hari itu sangatlah penting terutama bagi generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa. Beberapa waktu lalu (9/10) Sub Komisi Pendidikan dan Penyuluhan bertemu dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Bappeda DKI Jakarta) untuk menjalin kerjasama. Tim Komnas HAM yang dipimpin Kepala Bagian Penyuluhan HAM, Triyanto diterima  langsung oleh Kepala Bappeda Tuty Kusumawati.

“Saatnya Komnas HAM bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menyuarakan HAM. Nilai-Nilai HAM harus dibangun dan dijunjung tinggi guna memperbaharui peradaban moral dan etika. Kegiatan-kegiatan yang memberikan pencerahan nilai-nilai HAM secara integrasi dengan dunia pendidikan sangatlah penting. Maka sangatlah berharga jika Bappeda  mau memberikan dukungan dan dapat memfasilitasi kegiatan ini,” ungkap Triyanto mengawali pertemuan tersebut.

Selanjutnya Triyanto memaparkan konsep Sekolah Ramah HAM kepada Bappeda DKI Jakarta. SRH mempunyai penekanan kegiatan mengembangkan potensi siswa. Pengembangan program ini berdasarkan kurikulum pendidikan nasional yang secara umum membentuk siswa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggungjawab, dan menjungjung nilai-nilai HAM dalam berkehidupan.

Program SRH memang untuk membangun sikap kepribadian siswa yang mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan. Hal ini sebagai usaha agar terhindar dari pengaruh negatif yang bertentangan dengan tujuan pendidikan. Selain itu tujuan tersebut juga untuk mendorong potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat dapat digali secara maksimal yang berkaitan dengan nilai HAM.

Pada prinsipnya  Bappeda DKI Jakarta mendukung program SRH gagasan Komnas HAM. Namun disarankan sebaiknya gagasan-gagasan tersebut harus diuji coba lewat pilot project. Dapat dengan mengembangkan sekolah yang peka terhadap lingkungan sekitar untuk membangun karakter pelajar agar lebih memahami nilai-nilai HAM secara utuh. Bappeda DKI Jakarta pun siap memfasilitasi kegiatan Program Sekolah ramah HAM yang digagas Sub Komisi Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM.

“Kami pada prinsipnya sangat mendukung dan mengapresiasi program Sekolah Ramah HAM yang digagas Komnas HAM, namun kami juga menyarankan agar program ini diuji coba terlebih dahulu melalui pengembangan sekolah yang peka terhadap lingkungan sekitar agar dapat membangun karakter pelajar yang memahami nilai-nilai HAM. Kami pun siap untuk memfasilitasi program ini,” ujar Tuty Kusumawati menanggapi permintaan dukungan program SRH dari Komnas HAM (Rep:Sugeng S/Ed:Banu)
Short link