Kabar Latuharhary

"HAM" Hadir di SMK Lentera Bangsa Rengasdengklok Karawang

Hari Reswanto tampak sibuk menjawab berondongan pertanyaan dari para pelajar menengah atas tersebut. Penyuluh HAM itu menanggapi berbagai rupa pertanyaan tentang penerapan HAM dalam kehidupan keseharian. Antusiasme para siswa dan siswi tampak begitu jelas.  Semua peristiwa ini terekam dengan dengan apik pada sesi penyuluhan HAM di SMK Lentera Bangsa yang beralamat di Jl. Raya Proklamasi, Dusun Bakan Jati, Karya Sari Rengasdengklok, Karawang, Rabu, (19/8/2015)

Dengan bersemangat mereka menerima kehadiran Tim Komnas HAM. Binar nampak terpancar dari wajah-wajah muda belia tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa-siswa kelas I (satu) yang mendapat jatah masuk siang. Jumlahnya kurang lebih mencapai 200 orang siswa termasuk perwakilan dari beberapa kelas lainnya.

Sementara Tim Komnas HAM yang berkesempatan hadir pada sesi penyuluhan kali ini terdiri dari Penyuluh HAM Hari Reswanto, Kepala Subbagian Pelaporan dan Publikasi Penyuluhan Yeni Rosdianti. Berkenan hadir pula Kepala Biro Dukungan Pemajuan HAM, Sudibyanto.

Siang yang begitu terik tak menyurutkan semangat  tim untuk menularkan ilmu dan pengetahuan HAM yang mereka miliki kepada para pelajar, siswa-siswi SMK Lentera Bangsa. Sebagaimana jadwal yang direncanakan, sesi penyuluhan kali ini dimulai pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.30 WIB. Siswa-siswi bahkan telah bersiap dengan gemuruh yel-yel dan doa belajar sebelum acara dimulai.

Dalam rangka menyemarakkan suasana, penyuluh berusaha  membangkitkan keterlibatan para siswa-siswi SMK Lentera Bangsa dengan menyuguhkan beberapa permainan.  Kuis tentang jenis-jenis ilustrasi pelanggaran HAM dan permainan ular-ularan tutup mata, menjadi penyemarak suasana.  

Perlu disampaikan bahwa acara ini dibuka oleh Sudibyanto, Kepala Biro Dukungan Pemajuan HAM. Menyambung pembukaan, sambutan disampaikan oleh Ahmad Jaelani, Kepala Sekolah SMK Lentera Bangsa.  Selanjutnya dilanjutkan dengan pemutaran film mengenai Profil Komnas HAM. Setelah itu, disampaikan mengenai paparan umum tentang Komnas HAM oleh Yeni Rosdianti. Sesi utama disampaikan oleh Penyuluh HAM, Hari Reswanto, yang mengangkat tema “HAM dan Pelanggaran HAM: Tinjauan Praktis Bagi Pelajar”. Dalam rangka memudahkan para siswa dan siswi mencerna materi, banyak diberikan ilustrasi yang dekat dengan keseharian mereka.

SMK Lentera Bangsa menempati lahan seluas sekira 7000m2, memiliki 29 rombongan belajar (kelas), dengan total jumlah 1167 siswa dengan jumlah guru dan staf administrasi sejumlah 48 orang.

Acara ditutup pada sekitar pukul 15.30 dengan ucapan hamdalah dan gemuruh tepuk tangan para siswa-siswi. Semoga HAM menjadi urat nadi para “lentera” calon pemimpin bangsa tersebut. (Yeni Rosdianti/ Eva Nila Sari)
Short link