Kabar Latuharary

Komnas HAM dan Asia Pacific Forum Sepakat Bekerjasama

Komisi nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Asia Pacific Forum (APF) besepakat untuk bekerjasama beberapa pekan lalu di Jakarta. Kerja sama yang dilakukan oleh dua lembaga ini fokus pada peningkatan sumber daya manusia di komnas HAM.

“APF dan Komnas HAM akan melakukan kerja bersama atas dasar niat baik saling menguntungkan,” demikian bunyi salah satu diktum isi perjanjian tersebut.

Kerjasama antara Komnas HAM dan APF ini diantaranya dalam bentuk workshop yang akan diadakan pada sekitar November 2016. Workshop yang akan dilakukan mengambil tema tentang pengungsi di rumah detensi imigrasi. “Komnas HAM dan APF bertanggungjawab dalam pengorganisasian workshop,” seperti yang ditegaskan dalam naskah nota kesepahaman.

Kerja sama antara Komnas HAM dengan APF dalam rangka peningkatan sumber daya manusia bukanlah untuk pertama kalinya. Beberapa tahun yang lalu, nota kesepahaman sejenis juga telah ditandatangani. Workshop terakhir yang dialkukan sebagai implementasi bertema anti-penyiksaan di tempat penabutan kebebasan yang dikelola oleh negara.

APF merupakan organisasi gabungan lembaga HAM nasional di kawasan Asia Pasifik. Komnas HAM merupakan salah satu lembaga yang menjadi anggota dari APF. APF memunyai tujuan, antara lain:  untuk memerkuat eksistensi lembaga HAM nasional, kolaborasi dan berbagi pengalaman, memajukan kesetaraan gender, serta memberikan nasehat dan bantuan ahli kepada anggotanya. (Arif S)

Short link