Kabar Latuharary

Dubes Inggris Kunjungi Komnas HAM

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik melakukan kunjungan ke kantor Komnas HAM, Jakarta, pada 14 Juli 2016. Kunjungan ini bertujuan untuk mendiskusikan isu-isu HAM yang mendapat perhatian dari komnas HAM.
 
Dalam kunjungan ini, Dubes Moazzam Malik ditemui oleh Ketua Komnas HAM M Imdadun Rahmat dan Wakil Ketua Internal Ansori Sinungan. Pertemuan tersebut membicarakan berbagai hal mengenai situasi HAM di Indonesia.
 
“Kami mengkaji dan mendiskusikan isu-isu HAM dengan semangat persahabatan dengan Pemerintah Indonesia,” ujar Moazzam Malik.
 
Selain itu, Moazzam juga bercerita mengenai pengalaman Inggris dalam menyelesaikan pelanggaran HAM yang berat di negaranya. Juga pengalaman beberapa negara dalam menuntaskan kekerasan yang pernah terjadi dan menimpa warganya.
 
Ketua Komnas HAM memaparkan isu prioritas Komnas HAM terkait situasi HAM di Indonesia saat ini. Selain itu, juga menjelaskan langkah-langkah yang telah ditempuh Komnas HAM dalam upaya pemajuan dan penegakan HAM. “Di Indonesia masih hadapi masalah terkait HAM,” tegasnya.
 
Pelanggaran HAM yang berat di masa lalu, kondisi HAM di Papua, kelompok minoritas, dan hukuman mati menjadi contoh isu yang dipaparkan. Meski demikian, pertemuan ini berlangsung dengan santai dan dalam suasana penuh kehangatan. (Arif S)
 
Sumber foto: UK in Indonesia (British Embassy Jakarta)
Short link