Kabar Latuharary

Sosialisasi HAM dalam Jambore Nasional Pramuka

Komnas HAM berpartisipasi di dalam Jambore Nasional X yang juga untuk memeringati Hari Pramuka ke-55, pada 15 s.d 19 Agustus 2016. Dalam peringatan tahun ini, mengambil tema "Keren, Gembira dan Asik!"

Tim Komnas HAM yang terdiri atas para Penyuluh di Bagian Penyuluhan mengisi acara dengan permainan dan role play yang diikuti secara antusias oleh ratusan peserta Jambore. Materi yang disampaikan oleh Komnas HAM diantaranya tentang prinsip-prinsip HAM, perbedaan antara pelanggaran hukum dan pelanggaran HAM.

Selama pelaksanaan Jambore, diciptakan suasana yang saling menghormati satu sama lain dan menghargai hak-hak asasi manusia. Jambore Nasional merupakan wadah pesta kegiatan Pramuka tingkat Penggalang setiap lima tahun sebagai wahana untuk merajut persaudaraan dan persahabatan dalam nuansa kegembiraan.

Bagi Komnas HAM, Pramuka adalah salah satu target grup yang sangat penting dalam mendorong penyebaran dan implementasi prinsip dan nilai HAM dalam segenap aspek kehidupan masyarakat. Keikutsertaan Komnas HAM adalah sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Komnas HAM dan Kemenpora yang ditandatangani pada Juni 2016.
Short link