Kabar Latuharhary

Pelatihan Investigasi Komnas HAM Indonesia dan Timor Leste (PDHJ)

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Provedoria dos Direitos Humanos e Justi├ža (PDHJ) melakukan kerja sama dalam upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Kerjasama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman dan dioperasionalisasikan dalam bentuk perjanjian kerja sama.
 
Dalam perjanjian kerjasama yang telah disepakati pada bulan lalu, Komnas HAM dan PDHJ akan melaksanakan kegiatan bersama berupa pelatihan investigasi, yang dilaksanakan pada 19-23 September 2016 di Jakarta. PDHJ merupakan lembaga HAM nasional Timor Leste.
 
Pelatihan investigasi tersebut akan diikuti oleh 12 peserta dari PDHJ dan beberapa staf dari Subkomisi Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM. Komnas HAM dalam hal ini juga berperan dalam penyusunan silabus, nara sumber, dan berbagai hal terkait pelatihan yang akan diselenggarakan pekan depan. 
 
Komnas HAM dan PDHJ menandatangani nota kesepahaman pada Juni 2015 di Denpasar, Bali. Kerja sama yang disepakati melingkupi beberapa hal dan peningkatan kapasitas SDM menjadi salah satu pokok yang disepakati bersama.
 
Pelatihan ini diharapkan memberikan dan/atau memperdalam pengetahuan tentang investigasi terkait HAM bagi para peserta dengan optimal. Selain itu, juga diharapkan semakin mempererat hubungan di antara dua lembaga HAM nasional (Komnas HAM dan PDHJ). (Arif S)
Short link