Kabar Latuharhary

Komnas HAM dan PDHJ Selenggarakan Pelatihan

Koordinator Subkomisi Pendidikan dan Penyuluhan M Nurkhoiron secara resmi membuka Pelatihan Legal Drafting dan Good Governance di Jakarta (26/09). Pelatihan tersebut merupakan implementasi dari nota kesepahaman bersama yang telah disepakati antara Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Provedoria dos Direitos Humanos e Justiça (PDHJ).
 
“Saya berharap pelatihan ini berjalan dengan lancar dan membawa manfaat besar bagi kita semua, khususnya peserta,” ujar Nurkhoiron dalam sambutannya.
 
Pelatihan Legal Drafting dan Good Governance ini dilaksanakan pada 26-30 September 2016 dengan jumlah peserta sebanyak sembilan orang dan satu pengamat. Para peserta dan pengamat pelatihan tersebut merupakan staf dari PDHJ.
 
Beragam materi akan diberikan oleh para narasumber pelatihan tersebut. Proses dan prosedur legal drafting, serta good governance  menjadi fokus materi pelatihan. Peserta juga rencannaya akan melakukan kunjungan ke Badan Legislasi DPR dan Mahkamah Konstitusi RI untuk mendapatkan penjelasan mengenai proses penyusunan undang-undang dan uji materi undang-undang.
 
Dalam rangka implementasi nota kesepahaman,  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Provedoria dos Direitos Humanos e Justiça (PDHJ) melakukan pelatihan dalam upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Pelatihan yang  Pelatihan legal drafting dan good governance.
 
PDHJ merupakan lembaga HAM nasional Timor Leste. Komnas HAM dan PDHJ menandatangani nota kesepahaman pada Juni 2015 di Denpasar, Bali. Kerja sama yang disepakati melingkupi beberapa hal dan salah satunya mengenai peningkatan kapasitas SDM.
  
Pelatihan ini diharapkan memberikan dan/atau memperdalam pengetahuan tentang proses dan prosedur legal drafting dan good governance. Selain itu, juga diharapkan semakin mempererat hubungan di antara dua lembaga HAM nasional ini (Komnas HAM dan PDHJ).
 
Sebelumnya, pada pekan lalu (19-23 September), juga dilakukan pelatihan teknik investigasi. Pelatihan ini merupakan bagian integral dari implementasi kerja sama yang telah disepakati oleh kedua pihak. (Arif S)
Short link