Kabar Latuharhary

Workshop TI untuk Pemajuan dan Perlindungan HAM

Ketua Komnas HAM M. Imdadun Rahmat membuka Workshop Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pemajuan dan Penegakan HAM di Kantor Komnas HAM di Hayam Wuruk Plaza pada 22- 23 September 2016.

Dalam kesempatan membuka kegiatan yang merupakan kegiatan kerjasama antara Komnas HAM dan The Asia Foundation dengan dukungan dari Program MAJU (Empowering Access to Justice) United States Agency for International Development (USAID), Imdadun menyampaikan bahwa teknologi berperan sangat penting dalam meningkatkan pelayanan prima kepada publik.

Workshop diikuti oleh sekitar 45 orang yang terdiri atas komisioner, pejabat struktural, dan staf di Komnas HAM, serta pimpinan dan staf The Asia Foundation.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencari input atau masukan dari para praktisi teknologi informasi untuk pemajuan dan perlindungan HAM dan menyusun Rencana Kerja Komnas HAM dalam membangun Sistem Informasi dan Data Base Terpadu HAM.

Menurut Imdadun, pengelolaan informasi dan data adalah penting bagi program kerja untuk tuntutan peningkatan terus-menerus pelayanan publik agar semakin baik, mudah, dan nyaman, bagi masyarakat, khususnya para korban.

“Secara internal, program ini penting dan dibutuhkan oleh KomNas HAM karena database dan sistem ini akan sangat membantu dan bermanfaat untuk mendorong proses reformasi birokrasi internal di Komnas HAM,” papar Imdadun.

Program ini akan menjadi alat efektif dalam sinergi antar unit dan subkomisi, termasuk sinergi KomNas HAM dengan lembaga mitra dan jaringan korban. Selama ini, kegiatan dan informasi yang ada di setiap unit dan subkomisi, belum bisa diakses secara mudah satu sama lain. Dengan adanya keterpaduan informasi dan data base, maka pelayanan secara internal dan eksternal kepada publik akan lebih baik.

Pada gilirannya nanti, kata Imdadun, akan mendorong pencapaian Reformasi Birokrasi yang menjadi kewajiban dari Komnas HAM supaya mampu memenuhi hak publik atas  pelayanan yang lebih baik.

Dalam kesempatan itu pula, Kala Finn selaku Chief of Party Program MAJU menyampaikan dukungan kepada Komnas HAM dalam membangun data base HAM yang terpadu dalam program yang direncanakan akan berjalan sampai dengan lima tahun mendatang. Ia mengharapkan adanya tindak lanjut dari workhop tersebut yang bermanfaat bagi kedua belah pihak
Short link