Kabar Latuharary

Visitasi Keterbukaan Informasi Publik

Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) Dr. Rumadi besertastaf mengadakan visitasi ke Komnas HAM pada Kamis 24 November 2016. Kunjunganitu bertujuan untuk melakukan penilaian atas keterbukaan informasi publik yangtelah dilaksanakan Komnas HAM sebagaimana diatur di dalam UU tentangKeterbukaan Informasi Publik.

Kunjungan itu diterima oleh Sekretaris Jenderal Komnas HAMUntung Tri Basuki, Karo. Pemajuan HAM Sudibyanto, Kasubag. Teknologi InformasiMimin Dwi Hartono, dan Staf TI Martin.

Sesjen menyampaikan bahwa komitmen keterbukaan informasi publikdikaitkan dengan agenda reformasi birokrasi untuk meningkatkan layanan pada publik.“Integrasi antar unit di Komnas HAM menjadi sangat penting untuk memenuhikewajiban ketebukaan informasi pada publik,” kata Untung Tri Basuki.

Dalam kesempatan itu, komisioner dan staf KIP melakukanverifikasi atas dokumen fisik Komnas HAM yang terkait dengan keterbukaaninformasi publik yang dijalankan oleh Pejabat Pengelola Informasi danDokumentasi (PPID).

Setelah melakukan diskusi dan verifikasi, disampaikan saranagar Komnas HAM melakukan pembenahan pada struktur PPID sesuai dengan normayang diatur dalam UU tentang Keterbukaan InformasI Publik, pendokumentasiandaftar informasi publik pada setiap unit untuk dikelola oleh PPID, menyusun LaporanTahunan Permohonan Informasi Publik, dan mempunyai Desk Informasi serta  petugas pelayanannya. (MDH)

Short link