Kabar Latuharary

Delegasi Vietnam Berbagai Pengalaman dengan Komnas HAM

Dalam rangka pertukaran informasi dan pengalaman, sebanyak sepuluh orang delegasi dari Republik Sosialis Vietnam melakukan kunjungan di Komnas HAM (28/11). Kunjungan ini dipimpin oleh Deputi Direktoral Jenderal Kementerian Keamanan Publik Vietnam Mayjend. Le Ha Dung.

"Kedatangan kami bertujuan untuk bertukar pengalaman dengan Indonesia terkait hak asasi manusia," kata Mayjend. Le Ha Dung ketika memberi sambutan.

Kunjungan delegasi Vietnam akan dilaksanakan hingga besok (29/11). Esok hari, delegasi Vietnam berencana melihat aktivitas kerja Komnas HAM terkait fungsi dalam implementasi pemenuhan, perlindungan, penegakan, dan penghormatan HAM di Indonesia.

Berbagai hal terkait kerja Komnas HAM selama ini menjadi bahan diskusi. Mulai dari sejarah hingga kerja-kerja yang sudah, sedang, dan akan dilakukan Komnas HAM.

"Kami sangat senang atas kunjungan delegasi dari Vietnam. Kami akan menjelaskan berbagai aspek, terutama kerja Komnas HAM selama ini," ujar Ketua Komnas HAM Imdadun Rahmat ketika memberi ucapan selamat datang, dengan didampingi oleh Kasubag Kerjasama Antara Lembaga Sasanti Amisani.

Vietnam sampai saat ini merupakan salah satu negara yang belum mempunyai lembaga HAM nasional di kawasan Asia Tenggara. Meski demikian, Vietnam tetap terlibat dalam upaya pemajuan HAM di kawasan dalam kerangka ASEAN melakui ASEAN Inter-Governmentl Commission on Human Rights. (Arif S)

Short link