Kabar Latuharary

Belajar HAM dengan Gembira

Guru dan siswa SMA Islam Al Izhar Pondok Labu berkunjung keKomnas HAM pada Rabu, 7 Desember 2016. Kunjungan Kerja Ilmiah (KKI) SMA Al Izharini dalam rangka untuk mengetahui lebih jauh tetang kegiatan di unit kerjaKomnas HAM.

“Para siswa ingin menambah wawasan dan mengimplementasikanpembelajaran yang telah dipelajari serta melihat langsung cara kerja KomnasHAM,” ungkap Ayu Novita Pramesthi, guru SMA Islam Al – Izhar.

Kepala Bagian Dukungan Penyuluhan Triyanto menyambut positifkedatangan guru dan siswa Al-Izhar untuk belajar bersama dengan staf KomnasHAM. Turut hadir dalam acara pembukaan adalah Rima Salim, Kepala BagianDukungan Pelayanan Pengaduan, dan penyuluh Komnas HAM Hari Reswanto dan Abiyoga.

Setelah acara pembukaan, siswa dibagi ke dalam beberapakelompok untuk memahami tugas masing- masing unit Komnas HAM.

Di Bagian Dukungan Pelayanan Pengaduan, mereka diterimalangsung oleh Kepala Bagian Rima Salim yang didampingi oleh Ridha Wahyuni.  Di Bagian Dukungan Mediasi, mereka di terimaoleh Yodhisman dan di Bagian Dukungan Pemantauan Sri Ekawati. Di BagianDukungan Penyuluhan, mereka diterima oleh Hari Reswanto serta Abiyoga (Penyuluh).

Setelah berdiskusi di empat unit di Komnas HAM, merekakembali bergabung dalam satu forum untuk mendiskusikan materi yang telah merekadapat di bagian masing-masing dan mempresentasikannya.

Metode tersebut bertujuan agar melatih kemampuan sertakeberanian berbicara di depan umum serta agar seluruh siswa / siswi dapatmemahami tugas dari masing-masing unit Komnas HAM.

Diakhir sesi, peserta diajak menyegarkan pengetahuan tentangHAM dalam sesi kuis yang dipandu oleh Abiyoga serta disediakan hadiah berupakaos Komnas HAM bagi peserta yang mampu menjawab dengan benar.

Di akhir acara, Triyanto berharap agar siswa-siswi SMA AlIzhar ini dapat ikut serta menyebarluaskan wawasan HAM kepada teman-teman di sekolahdan keluarganya di rumah. (AdrianusAbiyoga)

Short link