Kabar Latuharary

Anggota Komnas HAM 2017-2022 Berjumlah 7 Orang

Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM yang dipimpin Prof. Jimly Ashidiqie dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Satya Novanto mengadakan pertemuan konsultatif pada Senin, 20 Februari 2017.

Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang Ketua DPR  itu, diikuti oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Ketua Komisi III Bambang Soesatyo. Ikut pula sebagian anggota Pansel, beberapa komisioner Komnas HAM, dan Plt. Sesjen Komnas HAM.

Pertemuan membahas tentang perkembangan proses seleksi calon anggota Komnas HAM 2017-2022 dan isu krusial lain terkait penguatan Komnas HAM.

Di dalam pertemuan disepakati beberapa hal, yaitu jumlah calon anggota Komnas HAM yang akan diserahkan ke DPR berjumlah 14 orang. Dengan demikian, diharapkan jumlah anggota Komnas HAM periode 2017-2022 yang akan dipilih DPR berjumlah 7 orang. Dengan jumlah ini, diharapkan kerja dan kinerja Komnas HAM akan lebih efektif.

Selain hal itu, juga disepakati dan dan akan dibahas lebih lanjut penguatan Komnas HAM, karena selama ini rekomendasi Komnas HAM masih sering diabaikan. Penguatan itu dilakukan melalui perubahan Undang-Undang tentang Hak Asasi Manusia yang telah dibahas oleh Komnas HAM sejak beberapa tahun terakhir. Namun, rancangan undang-undang itu belum masuk dalam prioritas legislasi di DPR. (MDH)

Foto: Setjen DPR RI
Short link