Kabar Latuharary

Komnas HAM Gelar Konggres Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan

Komnas HAM menyelenggarakan Konggres Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan pada 16 Maret 2017. Acara terselenggara bekerjasama dengan Kedutaan Besar Kanada dan HRWG.

Acara yang dibuka oleh Ketua Komnas HAM M. Imdadun Rahmat dan perwakilan dari Kedubes Kanada itu pada sesi pertama menghadirkan narasumber dari enam perwakilan komunitas korban intoleransi dari berbagai daerah, diantaranya dari Ahmadiyah, Syiah Sampang, Gafatar, Kristen, dan Penganut Agama Leluhur.

Selain itu, diekspos kondisi perlindungan dan pemenuhan hak kebebasan beragama dan berkeyakinan di Indonesia dan laporan riset 6 daerah di Jabar dan Aceh yang dilakukan oleh Jayadi Damanik dari Komnas HAM.

Narasumber yang memberikan materi pada sesi panel adalah Menteri Agama, Kepala Kepolisian RI, Ketua Komnas HAM, dan Walikota Bogor.

Sesi panel kedua diisi oleh paparan tentang kebijakan pemenuhan dan perlindungan KBB oleh Walikota Bekasi, Walikota Manado, dan Bupati Purwakarta. 

Diakhir acara, Komnas HAM memberikan penghargan kepada Walikota Manado, Walikota Bandung, dan Walikota Bekas atas pencapaiannya dalam menegakkan hak KBB di wilayahnya. (MDH)

Foto: Media Indonesia

Short link