Kabar Latuharary

Tiga Walikota Peroleh Penghargaan Komnas HAM

Sebagai apresiasi terhadap kepala daerah yang berkomitmen dan mengimplementasikan kebijakan yang menjunjung tinggi hak atas kebebasan beragama dan berkeyakinan, Komnas HAM memberikan penghargaan kepada Walikota Bekasi, Walikota Manado, dan Walikota Bandung.

Pemberian penghargaan itu diberikan oleh Ketua Komnas HAM M. Imdadun Rahmat kepada tiga kepala daerah itu dalam Konggres Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (KBB) yang diadakan di Balai Kartini Jakarta Selatan, pada Kamis 16 Maret 2017.

Dasar pemberian penghargaan kepada tiga kepala daerah itu adalah proses dan hasil penilaian oleh 12 (dua belas) tokoh masyarakat/akademisi dan lembaga yang selama ini aktif mempromosikan hak KBB.

Walikota Bandung Ridwan Kamil dinilai memberikan praktek baik dalam bentuk menerbitkan izin dua gereja yang sebelumnya dipermasalahkan, komitmen mendorong Bandung sebagai kota ramah HAM, dan menerbitkan tiga kebijakan untuk memperkuat perlindungan hak KBB.

Sedangkan Walikota Manado dinilai berhasil dalam menyelesaikan penolakan pendirian masjid Jabal Nur. Sementara Walikota Bekasi Rahmat Effendi dinilai berhasil dalam menyelesaikan empat gereja yang sebelumnya dipermasalahkan oleh kelompok intoleran. 

Konggres KBB ini adalah kali kedua diadakan oleh Komnas HAM bekerjasama dengan Kedutaan Besar Kanada. (MDH)

Foto: @Temen Bang Pepen



 
Short link