Tel. +62-21-3925230
Fax. +62-21-3925227

Kabar Latuharhary

Digelar, Parade Kain Nusantara di Jakarta

Komnas HAM mengajak masyarakat luas untuk mengikuti Parade Kain Nusantara yang diadakan pada Minggu (27/8) di sekitar Bunderan Hotel Indonesia Jakarta Pusat, dari pukul 06.30-10.00 wib.

Dalam kegiatan itu, akan ditunjukkan berbagai jenis kain dari berbagai penjuru nusantara, yang menunjukkan kekayaan bangsa dan keberagaman budaya Indonesia.

Selain parade, pada hari yang sama, juga diadakan bincang-bincang Kain Tradisional yang digelar oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara di Museum Nasional.

Acara ini dilaksanakan dalam rangka memeringati Hari Intenasional Masyarakat Adat yang diperingati setiap 9 Agustus oleh masyarakat adat di seluruh dunia dan HUT Republik Indonesia ke-72.

Sebelumnya, dalam rangkaian kegiatan yang sama, pada Minggu (20/8), diadakan Diskusi Publik dengan tema Kain, Keberagaman, dan HAM, di Museum Tekstile Jakarta Pusat. Diskusi itu menghadirkan pembicara Muhammad Nurkhoiron (Komnas HAM), Hilmar Farid (Dirjen Kebudayaan Kemendikbud), dan Devi A (AMAN).

Diskusi yang dihadiri oleh puluhan orang tersebut mendapatkan perhatian yang antusias dari peserta, mengingat tema diskusi yang sangat jarang disampaikan di publik. Padahal, kain adalah satu kekayaan nusantara dan menjadi identitias penduduk atau masyarakat adat yang masih banyak dihormati dan dipakai sampai saat ini.

Bahkan, batik telah menjadi salah satu warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO beberapa waktu yang lalu. (MDH)