Tel. +62-21-3925230
Fax. +62-21-3925227

Kabar Latuharhary

Sejumlah Polres di Jawa Tengah Tindak Lanjuti Pelatihan HAM

Sejumlah Kepolisian Resor (Polres) yang mengirimkan para perwiranya untuk mengikuti "Pelatihan HAM dan Pembekalan Buku Saku HAM" yang diadakan oleh Komnas HAM dan Polda Jateng pada 21-30 Agustus 2017, tercatat mengadakan kegiatan tindak lanjut di wilayahnya masing-masing.

Berdasarkan laporan yang diterima Komnas HAM, Polres Purbalingga, Polres Salatiga, dan Polres Banyumas, telah mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan bagi anggotanya.

Pada 24 Agustus 2017, diadakan pelatihan penerapan HAM bagi Sabhara Polres Purbalingga. Kegiatan dibuka oleh Kabag Sumda Polres Purbalingga Kompol Mugiman dan diikuti oleh Kasat Sabhara AKP Suswanto, perwira, dan anggota Sabhara..

Sedangkan pada 30 Agustus 2017, Polres Banyumas mengadakan penyuluhan hukum dan sosialisasi penerapan HAM terhadap tugas dan fungsi kepolisian bagi pejabat utama, perwira dan staf, kasie Propam di setiap polsek, dan perwira lainnya. Tujuan kegiatan itu, sebagaimana disampaikan oleh Kabag Sumda Polres Banyumas, adalah agar anggota polres memahami penerapan HAM dan tugas dan fungsinya.

Kegiatan serupa juga diadakan oleh jajaran Polres Salatiga, pada 30 Agustus 2017, dengan melakukan sosialisasi kepada jajaran perwira dan anggota agar dalam menjalankan tugas dan fungsinya, tidak terjadi pelanggaran HAM dan penyalahgunaan wewenang.
 
Atas kegiatan-kegiatan tersebut, Komnas HAM memberikan apresiasinya, karena menjadi bentuk keberhasilan sendiri bagi Komnas HAM paska melaksakan pelatihan. Komnas HAM juga berharap agar polres lain mengikutinya sehingga norma dan nilai HAM tersosialisasi dan terpatri kuat di dalam setiap tugas dan fungsi yang dijalankan oleh setiap anggota Polri.

Polres yang aktif menjalankan kegiatan paska pelatihan HAM, akan memperoleh catatan tersendiri dalam kegiatan untuk memilih polres sebagai lokasi pilot project program "Polisi Berbasis HAM." (MDH)