Kabar Latuharary

Kerjasama Peningkatan Kapasitas Pelaksana Penanggulangan Terorisme

Komnas HAM dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) kembali bertemu untuk membahas kerjasama kedua lembaga yang diwadahi dalam bentuk Perpanjian Kerja Sama (PKS).

Pada Kamis (14/9/17), perwakilan kedua lembaga bertemu di kantor BNPT di Jakarta Pusat. Komnas HAM diwakili oleh Plt. Kabag Penyuluhan Mimin Dwi Hartono yang disertai oleh Adoiati Meyria, Abiyoga, dan Novalia. Sedangkan dari BNPT, diwakili oleh Kepala Bagian Humas dan Hukum Pudjiastuti Citra Adi dan Kepala Subdirektorat Penggunaan Kekuatan BNPT Edy Cahyanto.

Dalam pertemuan itu, dibahas draft PKS yang berisi kerjasama pemajuan HAM di bidang peningkatan kapasitas dan kemampuan para pelaksana penanggulangan terorisme. Pada intinya, di dalamnya kedua lembaga sepakat untuk memajuakn HAM melalui kegiatan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan, serta pengkajian dan penelitian di bidang regulasi yang terkait dengan peningkatan kapasitas para pelaksana penanggulangan terorisme. 

Mimin Dwi Hartono menyampaikan bahwa PKS yang terdiri dari dua bidang utama, yaitu pencegahan terorisme dan peningkatan kapasitas para pelaksana penanggulangan terorisme, akan ditandatangani dalam kegiatan yang melibatkan kedua lembaga nantinya.

Merespon hal tersebut, Citra akan menyampaikannya ke pimpinan BNPT agar PKS bisa ditandatangani oleh pimpinan kedua lembaga pada waktu dan kegiatan yang disepakati. (MDH)

Short link