Tel. +62-21-3925230
Fax. +62-21-3925227

Kabar Latuharhary

Rapat Evaluasi Kinerja Komnas HAM 2012-2017

Anggota Komnas HAM periode 2012-2017 akan segera mengakhiri tugasnya. Sementara, 14 calon anggota baru untuk periode 2017-2022 sedang menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI.

Untuk merefleksikan proses, hasil, dan capaian kinerja selama lima tahun ke belakang, pada 27-30 September 2017, diadakan Rapat Evaluasi Kinerja Komnas HAM di Bandung.

Hadir dalam rapat tersebut pimpinan dan anggota Komnas HAM serta para pejabat struktutal di Sekretariat Jenderal Komnas HAM. Kegiatan dibuka oleh Ketua Komnas HAM Nurkholis yang didampingi oleh Plt. Sesjen Komnas HAM Bambang Iriana.

Dalam kesempatan itu, masing-masing Subkomisi yang meliputi pemantauan/peyelidikan, pengkajian, pendidikan/penyuluhan dan mediasi, memaparkan proses dan capaian kinerja selama lima tahun. Di samping itu, juga disampaikan kendala dan hambatan yang dihadapi.

Setelah masing-masing subkomisi memaparkan, ditanggapi oleh para anggota Komnas HAM, untuk diberikan catatan dan masukan perbaikan.

Selain laporan masing-masing Subkomisi, di dalam rapat juga diagendakan pemaparan masing-masing tim bentukan Sidang Paripurna dan mandat dari para Pelapor Khusus.

Kompilasi dari laporan kinerja selama lima tahun akan dirangkai dalam bentuk buku evaluasi dan rekomendasi bagi anggota Komnas HAM periode 2017-2022.

Dengan harapan, apa yang telah dicapai dalam periode saat ini akan diteruskan oleh para pengantinya, serta apa yang masih kurang, dapat diatasi dan ditangani ke depannya agar Komnas HAM menjadi lembaga publik yang kredibel dan kapabel dalam memajukan dan menegakkan HAM. (MDH)