Tel. +62-21-3925230
Fax. +62-21-3925227

Kabar Latuharhary

Pembukaan Lokalatih HAM untuk Korps Brimob

Ketua Komnas HAM Nurholis membuka secara resmi Lokakarya dan Pelatihan HAM bagi Korps Brimob Polri, yang diadakan di Bogor pada Selasa, 3 Oktober 2017.

Kegiatan tersebut akan berlangsung sampai dengan 6 Oktober 2017, yang merupakan kerjasama antara Komnas HAM, Mabes Polri, Brimob, dan OHCHR (Kantor Komisi Tinggi HAM PBB).

Dalam pembukaan, hadir perwakilan dari Direktorat HAM dan Kemanusiaan Kementerian Luar Negeri, yang mengapresiasi kegiatan tersebut dan akan mempromosikannya.

Dalam sambutannya, Nurkholis meminta adanya sinergitas antara Komnas HAM dan Brimob, oleh karena keduanya mempunyai tugas yang sama yaitu melindungi dan menegakkan HAM. 

"Sebenarnya adanya benturan antara Komnas HAM dan Brimob tidak perlu jika kedua pihak mempunyai rule of engagement yang sama," ujar Nurkholis.

Sedangkan Kombes Wira Wibawa, mewakili Komandan Korps Brimob menyampaikan apresiasi Brimob atas pelatihan yang diadakan Komnas HAM.

"Sesuai dengan moto Brimob, yaitu jiwa kami untuk kemanusiaan, maka pemahaman atas HAM sangat penting bagi setiap anggota Brimob," ujar Wibawa.

Di dalam pelatihan tersebut, akan dihadirkan narasumber dari nasional dan internasional, diantaranya Baddar Farrukh yang merupakan ahli HAM dari OHCHR.

Pelatihan diikuti oleh sekitar 30 orang yang berasal dari Brimob, Itwasum Polri, Divisi Hukum Polri, Divisi Propam Polri, Lemdiklat Polri, ICRC, OHCHR, dan Komnas HAM.

Dari kegiatan ini, diharapkan akan dihasilkan draft manual dan buku saku Brimob, serta tim gabungan fasilitator HAM. (MDH)