Pendidikan dan Penyuluhan

Monitoring dan Evaluasi TOT tentang Kabupaten HAM di Jember

Komnas HAM melaksanakan kegiatan Monitorong dan Evaluasi (monev) terhadap program pendidikan HAM yang dilaksanakan oleh Bagian Penyuluhan selama 2016. 

Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi secara langsung manfaat dan dampak pendidikan HAM untuk  dilakukan perbaikan baik dari sisi proses, materi, dan manajemen pelatihan.

Salah satunya, monev dilakukan atas kegiatan Training of Trainers tentang Kabupaten HAM Tahap I yang pernah diadakan di Jember, Jatim, pada 14-16 Desember 2016.

Monev dipimpin oleh Herizal Efdendi, seorang praktisi pendidikan HAM, dengan dibantu oleh tim dari Komnas HAM, pada 11-14 Oktober 2017 di Jember.

Dalam kegiatannya, pada 11 Oktober 2017, tim  monev menyusun materi kuisioner dan disebarkan kepada responden untuk diisi, yakni terkait dengan manfaat dan dampak dari pelatihan yang diikuti bagi perubahan sikap dan kebijakan baik secara individu maupun organisasi. 

Setelah itu, pada 12 Oktober 2017, dilakukan wawancara mendalam dengan responden untuk mengetahui lebih jauh terkait dengan manfaat pelatihan dan tindak lanjut yang telah dilaksanakan berikut hambatannya jika ada. 

Lantas, pada 13 Oktober 2017, dilakukan wawancara mendalam lebih lanjut kepada responden yang berasal dari unsur pemerintahan. Setelah itu, tim monev merumuskan hasil temuan sementara untuk disampaikan kepada responden.

Secara umum, berdasarkan keterangan responden, pelatihan yang dilaksanakan oleh Komnas HAM bermanfaat dan berdampak positif dalam meningkatkan kapasitas dan kesadaran HAM para peserta.(MDH)
Short link