Kabar Latuharary

Komnas HAM dan Pemkot Surakarta Sepakati Kerjasama

Latuharhary – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Pemerintah Kota Surakarta menandatangani kesepakatan kerjasama di Ruang Rapat Walikota Surakarta pada Jumat, 20 Oktober 2017.

Penandatanganan MoU ini dihadiri oleh Nur Kholis (Ketua Komnas HAM), Siti Noor Laila (Wakil Ketua Bidang Internal), Roichatul Aswidah (Koordinator Subkomisi Pendidikan dan Penyuluhan/ Ketua Tim Masa Lalu), Pegawai di unit Kerjasama Antar Lembaga, dan Anggota Tim Masa Lalu bentukan Sidang Paripurna Komnas HAM. Sementara dari pihak Pemkot Surakarta diwakilkan oleh FX Hadi Rutyatmo (Walikota Surakarta) yang didampingi oleh Asisten Sekda, Kepala Bagian Kerjasama dan Kepala Bagian Hukum.

Nur Kholis pada kata sambutannya menyampaikan bahwa penandatanganan MoU ini akan menjadi momentum untuk menindaklanjuti pelaksanaan tugas dan fungsi Komnas HAM khususnya di kawasan Kota Surakarta.

Sementara FX Hadi Rutyatmo pada kata sambutannya menyampaikan bahwa MoU merupakan awal untuk menggagas kerjasama lebih lanjut. “Kerjasama ini penting untuk membangun dasar dan pondasi yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP). Kami merencanakan untuk memasukkan kerjasama dengan Komnas HAM dalam RPJP sehingga tidak terjadi pergantian kebijakan apabila walikota berganti. Kami ucapkan terimakasih atas kedatangannya,” paparnya.

Perlu disampaikan bahwa Komnas HAM dan Pemerintah Kota Surakarta telah bersepakat untuk mengadakan Kesepakatan Bersama Pelaksanaan Tugas dan Fungsi dalam Bidang Pemajuan, Perlindungan, Penegakan, dan Pemenuhan Hak Asasi Manusia berdasarkan pada prinsip saling menguntungkan dan bermanfaat. (Eva Nila Sari
Short link