Kabar Latuharary

Kerjasama Pemajuan HAM dengan Polda Lampung

Dalam rangka mengarusutamakan hak asasi manusia dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kepolisian, Komnas HAM secara aktif mengajak bekerjasama kepolisian di tingkat daerah.

Setelah sepanjang 2017 melakukan kerjasama pendidikan dan penyuluhan HAM dengan Polda Metro Jaya, Polda Jawa Tengah, Mako Brimob, dan Polda Sumatera Barat, Komnas HAM akan bekerjasama melaksanakan penyuluhan HAM bagi perwira di jajaran Polda Lampung.

Mengawalinya, pada 30 Oktober 2017, diadakan pertemuan antara Komnas HAM yang diwakili oleh Plt. Kepala Biro Perencanaan, Kerjasama, dan Pengawasan Sriyana yang disertai oleh staf Bagian Penyuluhan yaitu Abiyoga, dengan Kapolda Lampung Irjen. Suroso Hadi Siswoyo dan jajarannya.

Dalam pertemuan, dibahas tentang program Polisi Berbasis HAM yang dikerjakan oleh Komnas HAM dan Mabes Polri, dan implementasinya di Polda Lampung. Sebagai hasilnya, kedua pihak sepakat untuk mengawali kerjasama dengan mengadakan kegiatan penyuluhan HAM dan Kepolisian pada 15-16 November 2017 di Bandar Lampung.

Kegiatan penyuluhan akan diikuti oleh perwira dari 12 polres di lingkungan Polda Lampung, dengan materi terkait dengan tugas kepolisian di bidang reserse, tahanan dan barang bukti, serta sabhara. (MDH)  
Short link