Kabar Latuharary

Dibahas, Draft Perjanjian Kerjasama Komnas HAM dan BNPT

Menindaklajuti Nota Kesepahaman Kerjasama antara Komnas HAM dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), pada 14 dan 16 Agustus 2017, diadakan pertemuan antara kedua belah pihak, yang diwakili oleh Bagian Penyuluhan Komnas HAM dan Direktorat Pencegahan BNPT.

Kedua pihak sepakat akan melakukan kerjasama lebih teknis di bidang pencegahan, perlindungan, dan deradikalisasi melalui fungsi pemajuan HAM khususnya pendidikan dan penyuluhan.

Di dalam pertemuan pada Senin (14/8/17), Kabag Humas dan Hukum BNPT Citra menyampaikan bahwa kerjasama diharapkan bisa melingkupi dua kedeputian di BNPT, yaitu Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan.

Menurut Plt. Kabag Penyuluhan Mimin Dwi Hartono, diharapkan ada kerjasama yang kongkret melalui fungsi pendidikan dan penyuluhan yang diemban Komnas HAM. Ia datang didampingi oleh Penyuluh HAM Hary Reswanto, Adoniati Meyria, dan staf operasional Novalia.

Dalam pertemuan lanjutan di kantor BNPT di Sentul, pada Rabu (16/8/17), Direktur Pencegahan BNPT Hamli merespon positif adanya pembahasan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Komnas HAM dan BNPT. Ia didampingi oleh Kabag Humas dan Hukum Citra dan staf Pusat Media Damai BNPT.

"Kerjasama antara kedua belah pihak akan mendukung upaya pencegahan terorisme, perlindungan korban terorisme, dan deradikalisasi dalam perspektif HAM," ujar Mimin Dwi Hartono.

Pertemuan tersebut menghasilkan draft PKS yang akan dibawa oleh masing-masing pihak ke pimpinan untuk difinalisasi. (MDH)
Short link