Kabar Latuharary

Komnas HAM dan Uni Eropa Tandatangani Kontrak Kerjasama

Komnas HAM dan Uni Eropa sepakat bekerjasama untuk memperkuat Mekanisme Prevensi Nasional di bidang anti penyiksaan, anti perlakuan yang kejam dan tidak manusiawi.

Kerjasama antara kedua pihak itu diwujudkan dalam penandatanganan kontrak kerjasama antara kedua lembaga yang dilakukan di kantor Komnas HAM pada Jumat 19 Januari 2018.

Dari Komnas HAM diwakili Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend. Turut menyaksikan penandatangan kontrak kerjasama itu adalah Wakil Ketua Bidang Eksternal Sandra Moniaga, Sekretaris Jenderal Komn as HAM Tasdiyanto, dan Kepala Unit Politik Uni Eropa Rafael de Bustamante.

Dalam kontrak tersebut, Uni Eropa akan memberikan hibah untuk mendukung proyek selama tiga tahun  (2018-2020) dengan nilai sekitar Rp 8 milyar. 

Di dalam proyek tersebut nantinya akan melibatkan mitra kerja Komnas HAM yang selama ini bekerjasama dalam membangun dam mengembangkan mekanisme prevensi nasional untuk anti penyiksaan, yaitu diantaranya Kemenkumham, LPSK, dan Komnas Perempuan.

Di samping itu, Uni Eropa juga berkomitmen untuk memfasilitasi program pengembangan kapasitas kelembagaan bagi Komnas HAM, dalam bentuk dan mekanisme yang akan dibicarakan lebih lanjut oleh kedua belah pihak. (MDH)
Short link