Kabar Latuharary

Pembahasan Kerjasama Komnas HAM dan PBB

Resident Coordinator Perserikatan Bangsa-Bangsa Anita Nirody melakukan kunjungan kerja ke Komnas HAM untuk membicarakan peluang kerjasama antara PBB dan Komnas HAM.

Kunjungan orang nomor satu PBB untuk Indonesia itu, diterima oleh Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dan Wakil Ketua Komnas HAM Bidang Eksternal Sandra Moniaga, di kantor Komnas HAM pada Jumat, 19 Januari 2018.

Anita menyampaikan tentang rencana kunjungan Komisioner Tinggi HAM PBB ke Indonesia pada 4-7 Februari 2018, dan program PBB yang sudah dan berpeluang dikerjasamakan dengan Komnas HAM.

Sementara itu, Direktur UNESCO untuk Asia Pasifik Shahbaz Khan yang juga hadir menyampaikan, bahwa MOU antara Komnas HAM dan UNESCO untuk mengarusutamakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, akan dilanjutkan. 

Ahmad Taufan kemudian memaparkan isu prioritas Komnas HAM untuk lima tahun mendatang, yaitu menyikapi intoleransi/anti radikalisme, reforma agraria, penyelesaian pelanggaran HAM yang berat di masa lalu dan tata kelola kelembagaan.

Di akhir pertemuan, kedua pihak sepakat untuk berkomunikasi dan mengkoordinasikan program kedua lembaga dalam bentuk workshop dan pertemuan yang reguler. (MDH)

Short link