Indonesian   English
Kabar Latuharhary

Pelapor Khusus PBB Hak atas Pangan Menjalankan Misi di Indonesia

Pelapor Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Hak atas Pangan, Hilal Elver, akan melakukan misi ke Indonesia pada 9-18 April 2018. Kunjungan tersebut dalam rangka untuk mengumpulkan data dan informasi, membahas isu hak atas pangan, serta melakukan dialog dengan pemerintah dan para pemangku kepentingan.

Kunjungan pertama akan dilakukan di Komnas HAM pada Selasa, 10 April 2018, dengan berdialog bersama komisioner dan staf Komnas HAM terkait dengan laporan Komnas HAM yang telah disusun tentang situasi hak atas pangan di Indonesia.

Selain mengunjungi Komnas HAM, dalam kunjungannya, Hilal Elver akan melakukan observasi langsung atas situasi HAM dan memfasilitasi dialog yang intensif dengan pihak-pihak terkait, diantaranya korban, saksi, institusi HAM nasional, lembaga swadaya masyarakat dan organisasi kemasyarakatan.

Sedangkan tujuan umum dari kunjungan ini adalah untuk membahas dan membuat laporan atas situasi penikmatan hak atas pangan, dengan perhatian khusus pada aspek kesetaraan dan non-diskriminisi. Kemudian mendorong adanya dialog dengan negara dan masyarakat sipil dalam upaya menjamin hak atas pangan dan mengidentifikasi solusi praktis dan pengalaman terbaik dalam merealisasikan hak atas pangan.

Laporan hasil kunjungan ini akan disampaikan dalam Sidang Dewan HAM pada Maret 2019. (MDH) 

(Foto: UN Women/Ryan Brown)

Short link
 
Penulis

Mimin Dwi Hartono

Redaktur

Follow Me: