Pendidikan dan Penyuluhan

Mahasiswa Harus Memahami HAM

Lebih dari 200 mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin mengunjungi Komnas HAM pada Rabu, 25 April 2018.

Kunjungan tersebut dalam rangka belajar tentang hak asasi manusia dan peran Komnas HAM dalam pemajuan dan penegakan HAM.

Dalam kunjungan itu, rombongan diterima oleh Wakil Ketua Komnas HAM Chairansyah dan Kabag Penyuluhan Mimin Dwi Hartono. Bertindak sebagai moderator adalah Banu Abdillah dan Abiyoga. 

Dalam sambutannya, Deden Kuswara selaku dosen Fakultas Hukum Unlam menyampaikan harapannya agar kunjungan itu mampu memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan mendoorng mahasiswa belajar lebih dalam tentang HAM.

Chairansyah yang merupakan alumni Unlam menyambut baik kunjungan itu dan berharap bahwa mahasiswa meningkatkan kepeduliannya pada HAM. "Masih banyak tantangan penegakan dan pemajuan HAM yang harus menjadi perhatian mahasiswa," ujar Chairansyah.

Sedangkan Mimin Dwi Hartono berharap bahwa mahasiswa dapat membantu Komnas HAM dalam menjangkau persoalan HAM di daerah. "Mahasiswa berperan penting dalam memajukan HAM dan mendampingi masyarakat korban pelanggaran HAM," ujar Mimin.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan harapan adanya tindak lanjut kerjasama antara kedua institusi dalam memajukan HAM. (MDH)

Short link