Indonesian   English
Kabar Latuharhary

Kemeriahan Seperempat Abad Komnas HAM

Meriah! Begitulah kata yang tepat untuk mengambarkan suasana perayaan seperempat abad atau 25 tahun Komnas HAM yang dilaksanakan di areal parkir Komnas HAM, pada Senin, 9 Juli 2018.

Hadir dalam kegiatan tersebut ratusan orang staf Komnas HAM di Jakarta dan dari kantor perwakilan. Acara semakin meriah dan bernuansa nostalgia dengan kehadiran puluhan mantan anggota Komnas HAM dari berbagai periode. Diantaranya, Albert Hasibuan, HS Dillon, Zoemrotin, MM Billah, Hasto Atmojo, Lies Sugondo, Siti Noor Laila, Muhammad Nurkhoiron, Nurkholis, Roichatul Aswidah, Imdadun Rahmat, Ansori Sinungan, Ridha Saleh, Amidhan, dan Said Nizar. 

Hadir memberikan sambutan yakni Beka Ulung Hapsara selaku Ketua Pelaksana, dan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, yang mengapreasi partisipasi dan perhatian para tamu undangan, staf, dan anggota panitia dalam acara tersebut. "Mari bersama-sama membangun Komnas HAM yang lebih baik," harap Taufan.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan sarasehan dengan menghadirkan enam orang narasumber, yaitu Albert Hasibuan (Anggota Komnas HAM 1993-1998), Ifdhal Kasim (Ketua Komnas HAM 2007-2012), Maria Hartiningsih (Peraih Yap Thiam Hien Award), Yunianti Chuzaifah (Anggota Komnas Perempuan), Arif Zulkifli (Pemred Majalah Tempo), dan Titin Rosmasari (Pemred CNN Indonesia).

Para narasumber menyampaikan pengalaman dan pandangan mereka terkait dengan kiprah Komnas HAM pada era yang lalu dan bagaimana melakukan pembenahan ke depan sesuai dengan konteks kekinian.

Setelah sarasehan, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng yang dilakukan oleh pimpinan dan anggota Komnas HAM, untuk diserahkan kepada para mantan anggota Komnas HAM dan perwakilan staf Komnas HAM. Acara penyerahan tumpeng sangat meriah, diwarnai dengan keakraban dan canda tawa diantara mereka.

Di arena kegiatan, peserta juga bisa melihat pernik-pernik barang, diantaranya kaos, pin, dan banner, yang pernah digunakan sebagai media kampanye HAM. Selain itu, juga ditampilkan foto-foto peristiwa dan kegiatan para anggota dan staf Komnas HAM dari era 1993-2018.

Banyak yang berharap, bahwa acara semacam ini secara rutin dilaksanakan untuk mengakrabkan antar staf dan anggota Komnas HAM, dan dengan pihak eksternal khususnya media massa, agar mendukung kerja-kerja Komnas HAM. (MDH)


Short link
 
Penulis

Mimin Dwi Hartono

Redaktur

Follow Me: