Pendidikan dan Penyuluhan

Kunjungan Evaluatif Pasca Pelatihan HAM

Untuk mengetahui lebih baik manfaat pelatihan HAM bagi satuan dan organisasi, Komnas HAM melakukan pertemuan dengan jajaran Polrestabes Semarang, Polres Kendal dan Polres Sragen, pada Kamis, 19 Juli 2018.

Pertemuan tersebut dilakukan dengan atasan dan kolega alumni Pelatihan HAM yang dilaksanakan pada 2017 untuk mendengarkan penjelasan atas peran alumni dalam mendorong adanya perubahan di satuan dan polres dimana alumni bertugas.

Di Semarang, Komnas HAM diterima dan berdiskusi dengan Wakapolrestabes AKBP E Silalahi dan jajaran kepala satuan Reskrim, Sabhara dan Tahti. Dalam penjelasan AKBP Silalahi, para menyampaikan bahwa pelatihan yang diberikan Komnas HAM telah mendorong adanya perbaikan kinerja karena anggota lebih memahami fungsi dan tugasnya dalam menegakkan HAM.

Menurut AKBP E Silalahi, Komnas HAM diharapkan bisa membangun model percontohan polisi yang berbasis HAM dengan standar dan kriteria tertentu. "Bagi unit kepolisian yang memenuhi standar HAM hendaknya diberikan insentif supaya terus bisa berkembang," ujarnya. Hal ini direspon oleh Mimin Dwi Hartono dari Komnas HAM, bahwa hal tersebut akan dirumuskan secara lebih lanjut karena menjadi agenda penting Komnas HAM dan Kapolri.

Selain melakukan diskusi, Komnas HAM juga melakukan observasi atas sarana dan prasarana yang ada di Polrestabes Semarang. 

Selain ke Semarang, Komnas HAM juga melakukan pertemuan dan observasi di Polres Kendal dan Polres Sragen. (MDH) 

Short link