Kabar Latuharhary

Komnas HAM dalam Pandangan Mahasiswa

Komnas HAM menerima kunjungan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Dalam kunjungan yang diterima oleh Kepala Bagian Penyuluhan Mimin Dwi Hartono dan staf Banu Abdillah pada Selasa, 31 Juli 2018 itu, para mahasiswa dijelaskan tentang sejarah, fungsi, mandat dan pelaksanaan kegiatan Komnas HAM.

Mimin menyampaikan bahwa selain dalam lingkup nasional, Komnas HAM juga mendiskusikan isu-isu HAM secara regional dan internasional melalui forum-forum di tingkat Asia Tenggara, Asia Pasifik dan Perserikatan Bangsa-Bangsa. "Komnas HAM aktif dalam mendesakkan isu yang sifatnya lintas teritorial, seperti perdagangan orang, buruh migran, dan pengungsi," ujar Mimin.

Sedangkan Banu Abdillah menambahkan bahwa Komnas HAM selain mengemban fungsi yang diatur di dalam Undang-Undang tentang Hak Asasi Manusia, juga melaksanakan fungsi penyelidikan atas kasus pelanggaran HAM yang berat.

Selama pertemuan sepanjang dua jam, para mahasiswa aktif bertanya dan berdiskusi, termasuk adanya harapan supaya Komnas HAM lebih aktif di dalam mendorong reviu undang-undang yang sedang digugat di Mahkamah Konstitusi. "Banyak gugatan atas hak konstitusi di MK yang berkaitan dengan HAM, namun kiprah Komnas HAM kurang optimal," ujar Bella, salah seorang mahasiswa.

Para mahasiswa juga berpandangan bahwa Komnas HAM mengemban fungsi yang vital dan strategis dalam pemajuan dan penegakan HAM. Mereka tertarik untuk mendalami lebih jauh kiprah Komnas HAM nantinya. 

Di akhir acara, Mimin mewakili Komnas HAM berharap agar diskusi yang diikuti mahasiswa memberikan manfaat dan meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam memajukan dan menegakkan HAM. (MDH)

Short link