Indonesian   English
Kabar Latuharhary

Koordinasi Implementasi Instrumen Pelatihan HAM bagi Brimob

Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM Beka Ulung Hapsara berkunjung ke Markas Komando (Mako) Brimob di Kelapa Dua, Depok, untuk membahas rencana implementasi kerjasama antara Komnas HAM dan Brimob Polri. Kunjungan dilakukan pada Rabu (9/8/18), dan diterima oleh perwakilan pimpinan Brimob, yaitu Komisaris Besar Badrus dan jajaran.  

Pada 2017-2018, Komnas HAM bersama dengan Brimob, telah berhasil menyusun Buku Saku HAM dan Manual Pelatihan HAM bagi Brimob. Selain kedua lembaga itu, turut menjadi tim penyusun adalah perwakilan dari Divisi Hukum Polri, Divisi Propam Polri, Itwasum Polri, Lemdiklat Polri dan ICRC. Instrumen pelatihan tersebut disusun secara bersama dan partisipatif untuk memastikan manfaat dan implementasinya bagi peningkatan kinerja Brimob dalam memajukan dan melindungi HAM. 

Dalam kesempatan itu, Beka meyampaikan apresiasi atas kerjasama Brimob dan Komnas HAM, dan meminta adanya tindak lanjut kerjasama untuk menyebarluaskan dan mengimplementasikan instrumen pelatihan tersebut sampai ke daerah-daerah. "Kami juga hendak berkoordinasi untuk menentukan bentuk kegiatan dan waktu untuk meluncurkan instrumen HAM tersebut sehingga lebih banyak aparat Polri dan publik yang tahu dan memanfaatkannya," papar Beka, yang didampingi oleh Mimin Dwi Hartono, Plt. Kabag Penyuluhan dan Abiyoga dan Banu Abdillah dari Bagian Penyuluhan HAM.

Disamping itu, Mimin menambahkan, agar instrumen pelatihan tersebut bisa diperbanyak sesuai dengan kebutuhan, sehingga akan semakin banyak pihak yang mengakses dan mempergunakannya. "Instrumen tersebut disusun bersama dan terutama oleh Brimob untuk memenuhi asas partisipasi dan kepemilikan atas dokumen tersebut sehingga punya tanggung jawab mengimplementasikannya," kata Mimin.

Kombes Badrus menyampaikan terima kasih dan akan mengkoordinasikan permintaan Komnas HAM kepada pimpinan Brimob. "Akan kami cari waktu dan momentum yang tepat supaya kedua lembaga bisa tune in dalam mempromosikan Buku Saku HAM dan Manual Pelatihan HAM tersebut," respon Badrus, yang disertai oleh AKBP Iwan dari Bagian SDM Brimob dan AKP Sulis, salah satu anggota Brimob yang menyusun instrumen HAM tersebut.

Kegiatan terdekat sebagai wujud kerjasama antara kedua lembaga, pada 15-16 Agustus 2018, Komnas HAM akan mengadakan sosialisasi Buku Saku HAM kepada para perwira Brimob di Maluku. (MDH)
Short link
 
Penulis

Mimin Dwi Hartono

Redaktur

Follow Me: