Kabar Latuharary

Kerjasama Penyebarluasan Wawasan HAM di Sumatera Utara

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik didampingi oleh Sekretaris Jenderal Tasdiyanto, hadir dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman antara Komnas HAM dan Universitas Prima Indonesia (UNPRI), di Medan pada Sabtu (25/8/17). 

Hadir juga dalam acara tersebut Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard dan Rektor Dr Crismis Novalinda Ginting, serta Direktur Pascasarjana Dr. Azharudin.

Kerjasama dengan Universitas Prima Indonesia tersebut bertujuan untuk mendorong diseminasi HAM di wilayah Sumatera Utara.

Hadir pula dalam acara itu pendiri UNPRI yakni Dr dr I Nyoman EL. MKes AIFM, Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn, Rektor UNPRI Dr Crismis Novalinda Ginting SSit MKes, Direktur Pascasarjana UNPRI Dr. Azharudin, SH, MKn, Sekretaris Prodi MKn Dr. Elvira Fitriyani Pakpahan, S.HI., M.Hum,  Wakil Rektor (WR) I Seno Aji SPd MEng Prac, WR II Dr Ermi Girsang SKM MKes, WR III Said Rizal SHI MA, WR IV dr Alinapiah Nasution MKT dan Ketua Prodi FH UNPRI Rahmayanti SH MH.

Di sela-sela itu, Ketua Komnas HAM memberikan kuliah umum kepada segenap civitas akademika kampus itu. 

Ketua Komnas HAM membawakan tema "Aktualisasi Perwujudan Hak Asasi Manusia."

"HAM yang selama ini yang ada di setiap manusia pada hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan sebagai anugrah-Nya wajib dihormati dan dilindungi oleh Negara serta hukum," ujar Taufan.

Dr. Crismis Noalinda Ginting menyambut dengan baik atas kedatangan Ketua Komnas HAM dalam rangka melakukan kerjasama. 

Cismis Novalinda Ginting selaku Rektor UNPRI menyampaikan UNPRI sebagai kampus multi etnis. " Kami berupaya mewujudkan upaya serius dalam proses merangkai kebhinekaan berdasarkan wawasan HAM," ujar Cismis.

Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn menambahkan, banyak hal penting yang dapat dipetik dari kegiatan ini, antara lain bagi mahasiswa, kegiatan ini untuk menambah wawasan keilmuan di bidang Hak Asasi Manusia. 

Mengakhiri pembicaraannya, Tommy menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik, yang berkenan meluangkan waktu untuk membagikan dan sekaligus memberikan ilmunya kepada para mahasiswa. (Egi)
Short link