Kabar Latuharary

Komnas HAM Terima Kunjungan Uhamka

Latuharhary – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)menerima kunjungan delegasi Pusat  StudiHak Asasi Manusia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta (Pusham UHAMKA)di Ruang Pleno Utama Gedung Komnas HAM pada Jumat (25/01/2019).

Delegasi Pusham yang sebagianbesar adalah mahasiswa ini diterima langsung oleh Ketua Komnas HAM, Ahmad TaufanDamanik, yang didampingi oleh penyuluh, staf, dan jajaran struktural di BagianPendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM.

Pada paparannya, Ketua KomnasHAM, menyampaikan bahwa mahasiswa sebagai generasi muda harus berkontribusidalam membangun peradaban yang mengedepankan hak asasi manusia. “Demokrasimenjadi hal penting dalam membangun peradaban yang mengedepankan hak asasimanusia. Salah satu prinsip demokrasi adalah kemerdekaan berpendapat. Dalamkonteks pesta demokrasi Pilpres beberapa waktu yang akan datang, Komnas HAMmempunyai kepentingan agar momentum penting ini dapat dijadikan ajang untukmembangun peradaban politik. Oleh karena itu, HAM harus menjadi landasan yangpenting dalam merumuskan peraturan terkait partai politik, pemilu, danseterusnya,” tukasnya.

Menurutnya, mahasiswa sebagai figurgenerasi muda, pemilih pemula, seharusnya mempunyai sudut pandang yang tepatdalam memahami demokrasi yang berimbas pada terbangunnya peradaban politik yangmengedepankan hak asasi manusia. “Oleh karenanya tidak menggunakan hak pilihseharusnya tidak menjadi pilihan ketika ingin memberikan kontribusi bagiterwujudnya  bangsa yang beradab,”tegasnya.

Lebih lanjut, Ketua menambahkan,bahwa perspektif HAM juga seharusnya menjadi landasan dalam pembangunan bangsaini.  “Atas dasar pertimbangan itu, perlukami sampaikan bahwa Komnas HAM banyak menjalin kesepakatan (MoU) dengansejumlah pihak dari instansi pemerintah dan pihak-pihak lain baik dari dalammaupun luar negeri guna mempengaruhi jalannya proses pembangunan sehingga lebihmengedepankan perspektif hak asasi manisia,” ungkapnya.

Sebelum mengakhiri uraiannya,ketua merasa perlu untuk menyampaikan apresiasinya kepada generasi muda yangmempunyai ketertarikan yang tinggi terhadap hak asasi manusia. “ Memang sudahseharusnya kita memberikan porsi yang besar untuk generasi muda sebagai penentuarah kebijakan bangsa ke depan,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut jugadipaparkan videografis terkait profil Komnas HAM dan uraian mengenai definisiHAM.

Perwakilan delegasi Uhamka,Candraditya dari Prodi keguruan menyampaikan bahwa ia sangat tertarik dengankegiatan ini karena sepengetahuannya Komnas HAM adalah komisi tertua di Indonesia.“Kasus-kasus HAM juga menarik perhatian saya dan saya tertarik untukmemahaminya lebih jauh,” katanya.

Sementara itu Anugrah Imana dariProdi Manajemen, menyampaikan ketertarikannya terhadap hak asasi manusia karenaposisinya sebagai mahasiswa. “Sebagai mahasiswa, saya tidak boleh sekedar dudukdi ruang kelas, saya harus paham dunia di luar sana. Saya harus memahami isuHAM lebih mendalam sehingga mampu berpartisipasi dalam memberikan solusi,”tukasnya. (ENS)