Kabar Latuharary

ASN Komnas HAM Wajib Terapkan Nilai-Nilai Pancasila

Latuharhary – Komnas HAM menyelenggarakan upacara bendera Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertempat di halaman Gedung Komnas HAM, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019). Semangat untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila menjadi pesan utama bagi segenap jajaran Komnas HAM.

Dalam amanat upacaranya, Sekretaris Jenderal Komnas HAM Dr. Tasdiyanto merefleksikan kembali bahwa Pancasila telah mempersatukan bangsa yang berbhineka secara utuh hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.


 "Untuk itu, kita harus memperkuat Pancasila yang karenanya memungkinkan kita untuk hidup berdampingan dengan damai, harmonis, dan penuh toleransi,"ujarnya berpesan di hadapan jajaran pejabat serta staf Komnas HAM.

Ia juga berpesan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) bahwa selain menjalankan tugas dan fungsi masing-masing, ASN juga berperan sebagai agen pemersatu bangsa dan meneladani Pancasila. 

Mengaitkan dengan hak asasi manusia, Tasdiyanto menuturkan bahwa Pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang selaras HAM dalam kelima sila. "Pancasila lahir sebelum Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB, namun nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sudah menjunjung tinggi hak asasi manusia," urainya.(AAP/IW)

Short link