Kabar Latuharary

Strategi Implementasi GCM di Indonesia

Pentingnyakerja sama dalam kerangka GCM antara Indonesia dan negara lain sesama pengirimburuh migran juga menjadi perhatian penting. Kemudian, peserta panelmengidentifikasi perkembangan tata kelola imigrasi Indonesia, termasukperundang-undangan baru yang dimiliki Indonesia.  

Merekamenyuarakan hak asasi manusia (HAM) sebagai prioritas, bagian dari strategi,serta rencana aksi implementasi GCM. Hal ini sesuai dengan prinsip GCM yangmengedepankan nilai HAM dalam perlindungan para migran yang disebut “End-to-EndProtection for All Migrants”. 

Terkaitisu GCM, Komnas HAM secara aktif melakukan pembahasan terkait GCM dan migrasibersama dengan anggota National Human Rights Institutions of Human Rights didalam forum regional South East Asia National Human Rights Institution Forum(SEANF). 

Sejauhini peran pemerintah dalam mendukung GCM adalah melakukan perubahan UU. No 39Tahun 2004 ke UU No.18 Tahun 2017 tentang Pembangunan Lembaga Terpadu Satu Atap(LTSA), pembentukan Program Desa Migran Produktif (Desmigratif), dan pembaruanMOU Bilateral antara Indonesia dan negara penempatan. Sedangkan ruanglingkupnya adalah dalam bidang pembangunan, perlindungan/penegakan hukum, kerjasama dan sinergi, serta tata kelola.

PeranIndonesia adalah pengarusutamaan GCM dalam forum kerja dan organisasiinternasional. Hal ini dilaksanakan dengan  aktif mengawal negosiasimodalitas International Migration Review Forum (IMRF), melanjutkan upayapengarusutamaan GCM ke dalam berbagai mekanisme kerja sama dan organisasiinternasional, serta membumikan GCM di tingkat nasional dan daerah.

GCMmerupakan bentuk dari tindakan nyata pemerintah untuk mewujudkan migrasi yangaman, tertib, dan teratur. Dokumen ini juga menjadi dasar kerja sama dalammengatasi migrasi yang tidak resmi, memerangi perdagangan dan penyelundupanmanusia, mengelola perbatasan, dan memfasilitasi pemulangan. Dalam jangkapanjang, GCM akan memperkuat kontribusi migran dan migrasi ke pembangunan yangsifatnya berkelanjutan. (Sisca/Sasanti)

Short link