Kabar Latuharary

Komnas HAM Lantik 121 PNS Baru

Jakarta – Sekretaris Jenderal Komnas HAM RI Tasdiyanto resmi melantik 121 CPNS Tahun Anggaran 2018 menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Abdi negara yang berkarakter menjadi sebuah harapan dari segenap pimpinan lembaga negara independen kepada para PNS baru.

“Saya katakan agar anda ingat tugas besar adalah menjalankan cita-cita pendiri bangsa. Jaga integritas, jaga disiplin tidak hanya waktu tetapi juga melayani,” tegas Ketua Komnas HAM RI dalam sambutannya di seremoni pelantikan yang dilakukan di Kantor Komnas HAM Hayam Wuruk, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Pelantikan dan sumpah jabatan yang dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Jenderal Komnas HAM RI Nomor 015/KEP.0.0.3/III/2020 Tanggal 2 Maret 2020 sampai 128/KEP.0.0.3/III/2020 tentang pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil menjadi Pegawai Negeri Sipil ini, menurutnya, harus menjadi awal bagi PNS yang direkrut pada tahun anggaran 2018 untuk memperkuat tugas dan fungsi Komnas HAM. Salah satunya dengan cara menjaga keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia. 

Seluruh pegawai Komnas HAM, lanjutnya, tidak selalu melihat perbedaan yang ada namun selalu berupaya menjaga keberagaman untuk menjaga eksistensi Indonesia. Tantangan yang dimaksud ketika negara Indonesia telah mengalami kemajuan di bidang pembangunan fisik yang luar biasa. Namun, pengelolaan sumber daya alam belum dimanfaatkan secara tepat guna sehingga muncul kerusakan ekologis yang menimbulkan malapetaka atau sering disebut pelanggaran HAM.

"Itulah tantangan Komnas HAM sebagai lembaga negara yang mandiri. Kita akan bersama-sama memperjuangkan, menjaga nama baik Komnas HAM," ucap Taufan.

Di akhir arahannya, Taufan menegaskan bahwa generasi muda akan mengemban tugas yang besar dan mulia. “Saya yakin anda adalah generasi muda yang diharapkan negara ini untuk membangun bangsa dan negara dalam kebersamaan. Berpegang teguh pada komitmen kita untuk berbakti pada nusa dan bangsa,” tuturnya.


Setelah rangkaian acara pelantikan dan sumpah jabatan PNS selesai, dilanjutkan pelantikan pejabat struktural serta Koordinator Pejabat Fungsional di Lingkungan Sekretariat Jenderal Komnas HAM. Acara pelantikan dan sumpah jabatan tersebut dihadiri Wakil Ketua Internal Komnas HAM RI Hairansyah, Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM RI Sandrayati Moniaga, Komisioner Munafrizal Manan serta jajaran pejabat struktural Komnas HAM RI serta para undangan lainnya. (Humas/IW)

Short link